Solusi Rumah Bebas Banjir dan Trik Terhindar dari Banjir

Banjir merupakan masalah yang selalu mendatangi kita hampir setiap musim hujan. Sudah sejak beberapa tahun belakangan ini banjir juga merupakan masalah yang menimpa daerah perkotaan. Jika boleh memilih, kita tentu akan mencari tempat tinggal baru yang bebas banjir.

Bebas Banjir

Selain berpotensi menimbulkan penyakit, banjir juga menyebabkan infrasruktur umum dan juga rumah serta bangunan menjadi rusak.Bangunan yang terendam banjir dalam waktu lama akan mengalami lapuk dan material-material yang terbuat dari kayu tentu akan basah dan membusuk bila dibiarkan.

Tapi memilih daerah yang tidak rawan banjir gampang-gampang susah, sebab saat ini sudah tidak ada jaminan lagi bahwa suatu daerah benar-benar seratus persen bebas banjir. Meskipun begitu ada beberapa hal yang bisa kita jadikan bahan pertimbangan dan kita cermati sebelum membeli rumah yaitu :

Lokasi

Hal paling utama adalah, perlu dilihat apakah daerah rumah atau perumahan tersebut berada di dataran rendah atau tinggi. Bahkan dalam satu area perumahanpun, usahakan untuk mendapatkan rumah yang lokasinya lebih tinggi. Selain itu perhatikan apakah sekitar tempat itu ada aliran sungainya. Jika aliran sungai tersebut cukup dalam dan air bisa mengalir dengan lancar mungkin tidak akan menimbulkan masalah. Namun jika sangat dangkal, apalagi sempit maka kemungkinan mendapat banjir kiriman akan semakin besar.

Resapan Drainase

Meskipun kebanyakan developer telah menyiapkan sistem sistem drainase yang baik, namun tidak ada salahnya apabila kita periksa dulu alirannya, apakah berjalan dengan baik atau tidak. Kemudian perlu dipelajari dulu dengan teliti apakah ada resapan air hujan yang memadai di perumahan tersebut berupa taman atau area hijau yang cukup luas. Sebab dengan kondisi cuaca dengan curah hujan yang tinggi, genangan air akan cepat terbentuk apabila tidak memiliki sistem drainase dan daerah penerapan yang baik.

Perhatikan Sekitar

Hal yang paling mudah terlihat adalah dengan melihat kondisi rumah-rumah maupun lingkungan di daerah tersebut. Kalau memang langganan banjir, maka akan terlihat sisa-sisa garis air dimana banjir tersebut berada. Walaupun kondisi rumah sudah dicat kembali , namun sisa banjir akan tetap terlihat pada pohon sampai dengan tembok-tembok fasilitas umum.

Namun bagi Anda yang memutuskan untuk tetap menempati daerah tersebut, ada beberapa tips agar setidaknya dapat meminimalkan kerusakan yang dialami karena banjir yaitu :

1. Gunakan bahan material yang lebih kuat dalam menghadapi banjir, mulai dari cat anti noda sampai dengan penggunaan material tahan air lainnya.

2. Meninggikan rumah adalah solusi terbaik. Untuk solusi yang satu ini, tidak bisa dipungkiri bahwa kita harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit. Namun ini perlu dilakukan bila ingin menyelamatkan rumah yang merupakan investasi berharga bagi kita semua.

Dengan pemilihan lokasi tempat tinggal yang tidak rawan banjir maupun aplikasi dari solusi bencana banjir, maka kita akan mendapatkan sebuah rumah yang bebas dari ancaman dan bahaya banjir.

Tolong Di Share :