Rumah Kontainer, Ide Rumah Unik untuk Pribadi yang Unik

Memiliki rumah merupakan impian setiap orang, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga. Namun tak bisa dipungkiri, selera masing-masing orang berbeda-beda. Terkait dengan hal ini, ada satu ide unik yang mungkin bisa dijadikan referensi bagi Anda yaitu rumah kontainer.

Rumah Kontainer

Konsep rumah kontainer ini sebenarnya sudah terlebih dulu ada di Amerika dan Eropa. Sedangkan di Indonesia baru diaplikasikan untuk cafe, restoran, toko, penginapan dan toilet. Jika Anda termasuk pribadi yang unik, tak ada salahnya untuk membangun rumah seperti ini. Anda cukup memodifiksi kontainer dengan menambahkan pintu dan jendela, alhasil rumah ini sudah aman dan nyaman untuk tempat tinggal.

Tak perlu khawatir untuk keamanannya. Rumah kontainer justeru lebih kokoh dibandingkan rumah dari tembok dan semen, walaupun tidak menggunakan atap genteng. Rumah model seperti ini bahkan bebas banjir, kebakaran dan gempa sekalipun. Anda bisa mencari kontainer seken di toko online. Rata-rata kontainer ini dihargai Rp.20-60 juta tergantung ukuran dan kondisi.

Untuk rumah kontainer yang sudah didesain dan disulap menjadi bangunan rumah dan telah tertata lengkap dengan perabotan rumah tangga dihargai dari Rp.90 juta hingga ratusan juta rupiah.Jika tidak memiliki biaya untuk memasang AC atau pendingin ruangan, Anda bisa menanam pepohonan di sekitar pekarangan agar rumah tetap terasa teduh.

Kelebihan rumah dari kontainer antara lain :

Model rumah ini terbilang simpel dan unik
Anda tidak perlu lagi memikirkan instalasi listrik karena semua instalasi telah terpasang dan siap pakai.
Ada beberapa kontainer yang memang sudah dilengkapi dengan instalasi listrik untuk mendinginkan produk selama proses pengiriman.
Harga rumah seperti ini relatif lebih murah dibanding rumah model lain dengan ukuran yang sama

Sedangkan kekurangannya antara lain :

Pengiriman rumah kontainer ke lokasi sangat terbatas. Paling tidak kontainer hanya dapat dikirim melewati jalanan yang bisa dilewati oleh truk beroda sepuluh
Ukuran rumah ini sangat terbatas karena mengikuti ukuran aslinya
Karena sifat bahan kontainer yang menyerap panas maka akan dibutuhkan usaha ekstra untuk mendinginkan suhu rumah dari bekas kontainer ini.

Share ke media sosial :