Mengenal Pipa PVC dan Talang PVC Serta Aplikasinya

Pipa PVC atau yang lebih dikenal dengan istilah paralon adalah singkatan dari Polyvinyl chlorida yang terbuat dari bahan sejenis plastik dan kombinasi vinyl lainnya. Memiliki sifat yang tahan lama dan tidak mudah rusak,berkarat atau membusuk.Sehingga pipa PVC ini paling sering digunakan dalam sistem irigasi/perairan dan pelindung kabel.

Pipa PVC

Di Indonesia standard ukuran yang dipakai untuk system saluran air rumah tangga atau lainnya adalah standart JIS (Japanese Industrial Standard),Sedangkan untuk PDAM biasanya memakai standard Nasional Indonesia (SNI).Untuk merk paralon ada bermacam macam merk yang beredar di pasaran.Untuk merk yang sudah memenuhi standar misalnya merk “Wavin”dan yang kurang memenuhi standar tapi harganya cukup murah misalnya merk”Kevin”

Lalu pengkodean pada pipa PVC atau paralon maksudnya adalah:

AW = Paling tebal, biasanya dipakai untuk perairan yang memiliki tekanan seperti pompa air baik sumur dangkal maupun sumur dalam
D = Tidak terlalu tebal atau sedang, bisa untuk tekanan yang tidak terlalu besar atau bisa dipakai untuk buangan
C = Paling tipis, biasanya untuk buangan air, tidak bisa untuk tekanan

Pipa PVC menurut ukuran dan kegunaannya
Ukuran Kegunaan
C 5/8″ Digunakan untuk pelindung kabel listrik atau disebut juga paralon listrik
AW 1/2″ dan 3/4″ Biasanya dipakai untuk saluran air bersih di rumah tangga misalnya dari pompa air sumur dangkal
AW 1″ dan 11/4″ Biasanya dipakai kalau memang membutuhkan debit air yang lebih besar misalnya untuk saluran pompa air sumur dalam(jetpump)
AW 2″ dan 4″ Biasanya digunakan untuk kesing pompa air sumur dalam,AW 2″ untuk bagian bawahnya sedangkan AW 4″ untuk bagian atasnya
D 21/2″dan 3″ Biasanya digunakan untuk pembuangan air dari kamar mandi rumah tangga ke saluran pembuangan air umum
D 4″ Biasanya digunakan untuk saluran air kotor dari closet ke septictank

Talang PVC adalah talang air dari bahan PVC (yang bentuknya mirip huruf U dengan panjang 4 meter. Sama seperti jenis talang air lainnya seperti talang karpet atau talang seng, talang PVC juga berfungsi untuk membuang air dari atap bangunan.

Untuk aplikasinya, talng PVC dilengkapi dengan corong talang untuk menyambungkan ke pipa PVC. Pipa PVC yang dapat digunakan yaitu yang berdiameter 3 inci atau 2 1/2 inci. Aksesoris talang lainnya yaitu sambungan talang,belokan talang,tutup talang dan gantungan talang.

Untuk gantungan talang ada yang terbuat dari besi dan ada pula yang dari bahan plastik. Lem yang bisa digunakan untuk keperluan sambungan,tutup talang dan corong talang adalah lem pipa PVC misalnya lem isarplas.

Daftar Harga Talang PVC
Warna Harga
Biru Rp.50.000
Abu-Abu Rp.55.000
Putih Rp.60.000

Cek Harga Pipa

Tolong Di Share :