Pelat Lantai Pracetak, Produk Material yang Praktis Kuat dan Hemat Biaya

Perencanaan sebuah pembangunan meliputi berbagai aspek salah satunya adalah kecepatan, kepraktisan, kekuatan dan biaya.Mulai dari pemasangan pondasi, tulang bangunan, dinding sampai dengan lantai, menjadi sebuah proyek yang mengandalkan ketepatan.Pada masa sekarang ini seiring dengan berkembangnya teknologi, beton pracetak menjadi salah satu andalan yang bisa memenuhi aspek-aspek yang dibutuhkan, tidak terkecuali pada penggunaan lantai lantai pracetak.

Lantai Pracetak

Dengan digunakannya sistem pracetak maka pemakaian bekisting dan perancah akan berkurang drastis sehingga dapat menghemat waktu pelaksanaan. Salah satu produk lantai pracetak yang bisa digunakan adalah precast hollow core slab.Produk material ini menggunakan sistem pre-tensioning dimana kabel prategang ditarik terlebih dahulu pada suatu dudukan khusus yang telah disiapkan dan kemudian dilakukan pengecoran.

Oleh karena itu pembuatan produk pracetak ini harus di tempat fabrikasi khusus yang menyediakan dudukan.Adanya lubang di bagian tengah pelat secara efektif akan mengurangi beratnya sendiri tanpa mengurangi kelenturannya. Jadi lantai pracetak ini relatif ringan dibandingkan solid slab bahkan karena digunakannya pre-stressing maka kapasitas dukungnya lebih besar. Keberadaan lubang pada slab tersebut sangat berguna jika diaplikasikan pada bangunan tinggi karena mengurangi bobot lantai.

Sebagai perbandingan untuk solid slab dengan tebal 120 mm beratnya mencapai 288 kg/m2 hampir sama dengan berat beban hidup rencana untuk kantor yaitu 300 kg/m2. Padahal kontribusi kekuatan pelat hanya untuk mendukung pembebanan tetap saja.Bahkan karena beratnya tersebut, hal ini akan menjadi penyumbang utama besarnya gaya gempa. Jadi jika berat lantai dapat dikurangi seperti pada sistem precast hollow slab maka beban gempa juga akan berkurang. Dengan demikian dengan menggunakan lantai pracetak yang ringan juga dapat mengurangi resiko bahaya gempa.

Selain itu, jika direncanakan dengan baik, dengan menggunakan lantai panel pracetak maka kita bisa mengurangi bahan yang terbuang sampai dengan 0 persen.Tidak seperti pada pembuatan cor beton, kayu bekisting yang digunakan untuk penyangga beton pada saat pengecoran, tidak dapat dipakai lagi.Oleh karena itu dengan menggunakan panel lantai pracetak juga dapat membantu melestarikan lingkungan.

Tolong Di Share :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share