Mengenal Wiremesh dan Kegunaannya untuk Berbagai Keperluan

Wiremesh adalah bahan material yang terbuat dari beberapa batang besi,baja atau aluminium dalam jumlah banyak dan dihubungankan satu sama lain dengan cara dilas atau bahkan dihubungkan dengan PIN atau peralatan lain hingga berbentuk lembaran yang bisa digulung.

Wiremesh dibuat dalam berbagai jenis dan ukuran yang biasanya disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan.Misalnya untuk ukuran yang tipis bisa digunakan sebagai saringan sayuran,sedangkan yang lebih besar bisa digunakan sebagai ban berjalan untuk keperluan di bidang  peindustrian.Ada juga tipe mesh yang digunakan untuk perawatan taman dan lanskap perumahan.

Wiremesh

Untuk jenis wiremesh yang dilas paling sering digunakan dalam konstruksi beton,mesh ini dapat dipasang atau dihamparkan sebelum adukan beton dituangkan.Adukan beton bisa dituang diatasnya lalu diratakan.Beton yang menggunakan material ini lebih kokoh karena memiliki daya tarik yang lebih tinggi dan juga bisa membantu menstabilkan beton agar tidak mudah rapuh.

Jenis wiremesh yang digunakan untuk konstruksi beton merupakan rangkaian dari batang-batang besi yang saling kait mengkait.satu sama lain sehingga tidak perlu dianyam lagi. Rangkaian besi ini lebih mudah dipasang dan lebih cepat proses pemasangannya sehingga lebih menghemat biaya dibandingkan dengan menganyam besi beton secara manual.

Sistem conveyor biasanya menggunakan wiremesh untuk mengangkut barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Bagian-bagian kecil dari mesh bisa tersusun menjadi sabuk yang fleksibel, sehingga memungkinkan sistem mobilitas dan fleksibilitas.

Sabuk tersebut biasanya terbuat dari stainless steel karena bahan ini lebih awet,tahan terhadap air dan korosi. Sabuk yang terbuat dari stainless steel mesh umumnya digunakan di pabrik pengolahan makanan dan pengaturan lain seperti gudang yang membutuhkan sabuk untuk  meningkatkan ventilasi dan agar bisa dicuci dengan mudah dan cepat.

Wiremesh yang sangat tipis biasanya digunakan untuk berbagai macam keperluan.Bahan ini memiliki celah yang umumnya bisa dilewati cairan akan tetapi benda padat akan tersaring.Penyaring material ini biasanya digunakan untuk filter pada mobil dan kendaraan lain,aplikasi berkebun,aplikasi industri dan bahkan sering juga ditemukan disekitar rumah kita.

Ukuran mesh akan menentukan jenis bahan apa yang dapat tersaring.Sebuah panel wiremesh yang besar bisa digunakan untuk mengayak pasir sehingga kerikil dan batu-batu yang besar dapat tersaring,sedangkan sebuah panel wiremesh yang lebih kecil mungkin bisa menyaring bakteri dan partikel-partikel lainnya.