Mengenal Solar Cell, Solusi Hemat Listrik Ramah Lingkungan

Penggunaan listrik yang kian bertambah setiap tahunnya membuat beberapa pakar berpikir keras untuk mencari solusi yang lebih ramah lingkungan. Sampai kemudian para ilmuwan menengok ke atas yang menyadari bahwa bumi memiliki cadangan energi yang tidak akan pernah habis yaitu matahari yang bisa dimanfaatkan sebagai solar cell.

Solar Cell

Pada tahun 1960-an, pengembangan solar cell begitu pesat sampai-sampai digunakan sebagai penambah daya pada satelit explorer 6, di Amerika Serikat. Namun pada kenyataannya, mungkin belum banyak dari Anda yang telah melihat Solar Cell atau Panel Surya terpasang di rumah-rumah penduduk di Indonesia.

Penggunaan Solar Cell sangat cocok untuk daerah tropis yang memiliki intensitas cahaya matahari yang tinggi. Penggunaan alat ini bisa menghemat listrik sampai dengan di atas 20 % dengan pemakaian rata-rata. Apalagi jika Anda menggunakan panel surya sesuai dengan kebutuhannya, maka pengeluaran biaya listrik bisa dipangkas menjadi separohnya.

Belum populernya panel surya di Indonesia menyebabkan minimnya informasi bagaimana cara memilih panel surya yang baik. Dalam memilih panel surya yang baik ada poin-poin penting yang perlu di perhatikan yaitu :

1.Referensi

Mintalah rekomendasi dari orang-orang yang sudah menggunakannya. Pahami cara kerjanya langsung dari mereka yang telah menggunakannya, sampai dengan rekomendasi merk juga perlu ditanyakan.

2.Garansi

Panel surya adalah alat yang digunakan dalam jangka panjang, jadi akan lebih baik jika Anda memperoleh waktu garansi yang cukup lama. Pada umumnya panel surya dengan kualitas baik akan memberikan waktu garansi yang lama.

3. Harga

Harga membawa rupa, istilah tersebut berbicara tentang harga sebuah kualitas. Jika ada yang menawarkan barang ini dengan harga miring di kelasnya, maka bisa jadi ada beberapa fitur yang dikurangi. Oleh sebab itu sebaiknya selalu teliti dengan melihat fitur-fiturnya, komponennya, lama garansi, dan bandingkan dengan produk serupa di toko lain.

4.Sertifikasi

Sertifikasi pada panel surya ini menunjukan jenis pengujian yang telah dilakukan. Baik dari spesifikasinya atau apakah sesuai dengan klaim yang telah diiklankan. Pastikan Anda mendapatkan sertifikasi ini ketika membelinya.

5. Efisiensi power inverter

Power inverter adalah kotak yang menghubungkan antara solar cell dan peralatan rumah. Fungsinya yaitu mengubah tenaga listrik dari DC ke AC. Perlu diketahui bahwa tidak semua solar inverter sama efisiensinya. Efisiensi inverter akan berdampak langsung pada jumlah waktu yang diperlukan sistem untuk bekerja. Periksa efisiensi inverter sebelum membeli sistem, karena semakin efisien inverter maka semakin baik.

6. Menentukan jenis solar cell

Secara garis besar ada dua tipe solar cell :

Tipe Amorphous

Tipe ini merupakan tipe yang lebih hemat biaya, namun daya serapnya kurang baik. Penurunan tegangan cukup besar yaitu sekitar 20 persen setelah pemakaian 5 tahun. Sedangkan usia pemakaiannya hingga 10 tahun.

Tipe Crytalline

Tipe ini merupakan tipe yang lebih premium jika dibandingkan dengan tipe  amorphous. Dengan kualitas yang jauh lebih baik, tegangan hanya turun kurang dari 5 persen dalam jangka waktu 10 tahun dan usia pemakainnya mencapai 25 tahun. Solar cell tipe ini di pasaran ada beberapa macam diantaranya poly, multy dan mono crystalline.

Demikian tips-tips dalam memilih solar cell, semoga Anda dapat menggunakannya sehingga turut membantu menyelamatkan bumi dengan berhemat listrik.