Sarana Bangunan

Informasi Bahan Bangunan

Mengenal Smart Glass untuk Privasi Ruangan

Smart glass atau Switchable Glass adalah kaca yang dapat berubah sifatnya ketika diberi aliran tegangan, cahaya atau panas tertentu. Secara umum kaca berubah dari tembus atau transparan, berubah menjadi kaca embun dengan tingkat kepekatan yang tinggi sehingga tidak tembus cahaya.

Smart glass

Ada beberapa teknologi yang digunakan yaitu sistem electrochromic, photochromic, thermochromic, suspended particle, micro-blind dan polymerdispersed liquid crystal devices.Teknologi ini sangat berguna untuk meredam panas matahari langsung tanpa menggunakan tirai dan tidak mengorbankan estetika sekaligus tetap menjaga privasi. Selain itu, ketika kondisi kaca dalam keadaan embun ( blocking ), hal ini dapat menghalangi masuknya 99,4% sinar ultraviolet ke dalam ruangan.

Cara Kerja Smart Glass menggunakan Suspended Particle Devices ( SPDs ), dimana terdapat laminasi film tipis partikel skala nano berbentuk batang. Lapisan tersebut ditaruh pada cairan dan ditempatkan diantara dua lembar kaca atau plastik, atau melekat pada suatu lapisannya. Ketika kaca tidak dialiri tegangan kondisinya justeru menghalangi cahaya ( embun ), dan ketika diaktifkan jumlah dan warna cahaya yang melalui lapisan tersebut bisa diatur sesuai keinginan.

SPDs dapat secara manual atau otomatis disetting agar secara tepat mengontrol jumlah cahaya, silau dan panas. Untuk mengendalikannya, smart glass dapat dikontrol  melalui berbagai media, seperti photosensors otomatis dan detektor gerakan, berintegrasi  dengan bangunan cerdas dan sistem kendaran, tombol-tombol atau saklar lampu, bahkan melalui aplikasi di smartphone.

Jadi, jika Anda menginginkan privasi di ruangan, Anda cukup ambil smartphone dan tutup semua kaca jendela dengan satu klik. Keren bukan ?

Tolong Di Share :
Updated: —
Sarana Bangunan © 2012