Mengenal Shampo Karpet dan Permadani Serta Cara Penggunaannya

Shampo karpet adalah senyawa deterjen cair yang diformulasikan secara khusus agar dapat digunakan untuk membersihkan karpet dan permadani . Shampo ini sering digunakan bersama dengan mesin pembersih karpet bergaya rotary atau model silinder yang menggunakan udara terkompresi untuk menghasilkan busa.

Ide umum dari penggunaan produk ini adalah untuk menciptakan busa tebal yang akan menarik partikel dan kotoran keluar dari tumpukan karpet. Setelah busa kotor dan kering, maka residu dapat disedot.

Shampo karpet

Shampo karpet yang bagus harus mampu menghasilkan banyak busa yang efektif dan tahan lama. Ini berarti menggunakan bahan-bahan yang mirip dengan bahan yang ditemukan dalam shampo rambut. Zat kimia yang disebut sodium lauryl sulfat memberikan busa lebih banyak dan berkualitas, sedangkan penghilang kotoran yang disebut anionik deterjen menghasilkan daya pembersih yang kuat.

Karena partikel kotoran sebenarnya membentuk ikatan elektrostatik dengan serat karpet, maka agen anionik digunakan untuk memecah ikatan tersebut dan memberikan alternatif yang lebih baik.

Karena mesin pembersih karpet menggunakan kuas yang kuat untuk mengganggu konsentrasi busa, sampo karpet yang bagus juga harus memiliki kualitas pelumas untuk melindungi karpet dari kusut dan tekanan. Salah satu yang digunakan bersama dengan mesin ekstraksi basah juga harus mengandung pelunak air.

Namun,penggunaan produk ini tidak secara universal dipakai oleh perusahaan perawatan karpet. Salah satu masalah besar dengan pembersih model deterjen adalah kemungkinan resoiling. Residu lengket yang tertinggal setelah sesi pembersihan sebenarnya menarik lebih banyak kotoran.

Tukang pembersih karpet dan permadani yang profesional dapat menggunakan shampo dengan konsentrasi yang jauh lebih rendah,namun jika mereka menggunakannya dengan benar. Beberapa ahli menyarankan pembersihan hanya dengan air panas murni yang akan lebih efektif membersihkan tanpa bau kimia keras atau potensi kerusakan danĀ  kelembaban.

Beberapa perusahaan ramah lingkungan memproduksi versi shampo karpet organik.Pengharum kimia dan deterjen telah diganti dengan konsentrat herbal dan surfaktan pembersih alami . Dengan adanya pembersih semprot karpet dan permadani ini maka kita tidak perlu lagi menyewa mesin karpet komersial. Pastikan untuk melakukan penyedotan secara menyeluruh sebelum dan setelah aplikasi, dan biarkan sampo karpet menjadi benar-benar kering untuk hasil terbaik.

Salah satu unsur yang kontroversial dari sistem shampo karpet disebut optical brighteners. Karena sifat deterjen dari beberapa merek shampoo sebenarnya sangat lemah, produsen dapat menambahkan formula pewarna khusus. Pewarna yang disebut optical brighteners, menciptakan sedikit manfaat dari sebuah ilusi optik.

Serat karpet yang terkena ilusi optik ini akan mengkonversi sinar ultraviolet sehingga tampak bercahaya, seperti menciptakan efek cerah sementara. Namun seiring waktu, serat menjadi menguning permanen, dan hampir tidak ada harapan agar warnanya bisa pulih seperti sedia kala. Para ahli juga menyarankan bahwa konsumen menghindari setiap produk yang memiliki petrokimia.