Mengenal Rumah Bergaya Mediterania yang Populer di Wilayah Hangat

Rumah bergaya Mediterania dipengaruhi oleh negara-negara yang memiliki cuaca cerah yang perbatasan dengan Laut Mediterania. Gaya Italia dan Yunani adalah kontributor utama desain rumah bergaya Mediterania klasik. Namun terkadang juga mengambil beberapa konsep gaya dari Spanyol sehingga disebut Spanyol modern.

Ada beberapa fitur arsitektur yang membantu mendefinisikan sebuah rumah sebagai gaya Mediterania, meskipun lansekap dan dekorasi interior juga dapat ditambahkan pada keseluruhan gaya.

Rumah bergaya Mediterania

Dalam banyak contoh rumah bergaya Mediterania modern , dinding eksterior dan atap adalah ciri khas utama dari segi gaya desain. Dinding eksterior terbuat dari plesteran, sedangkan atapnya miring dan biasanya ditutupi dengan plafon.

Pada umumnya, dindingnya berwarna putih atau dicat warna netral yang cerah, persik, kuning atau salmon. Gentengnya hampir selalu merah, membuat eksterior rumah gaya Mediterania banyak unsur cerah dan ceria.

Sebuah rumah bergaya Mediterania biasanya tidak akan lebih tinggi dari dua lantai dan seluruhnya memiliki jendela-jendela besar. Atap miring dari garis atap menyediakan balkon yang indah yang bisa menjadi tempat duduk yang teduh di lokasi panas.

Membawa alam ke dalam ruangan seringkali merupakan bagian dari struktur desain gaya rumah ini. Iklim di sekeliling Mediterania yang sejuk dan hangat, interior halaman, beranda, dan bahkan balkon yang praktis dan lain sebagainya. Kolom dengan lengkungan yang tinggi juga merupakan ciri khas dari rumah bergaya mediterania ini.

Rumah bergaya Mediterania ada juga yang menggunakan desain yang dipengaruhi oleh sejumlah daerah dan era.Desain tersebut yaitu Renaisans dari Italia dan Spanyol, Yunani neoklasisisme, atau kebangkitan dekorasi Spanyol,semuanya adalah pilihan populer.

Dari segi karya seni, banyak rumah Mediterania memiliki lukisan dinding atau mural dinding yang besar yang menggambarkan pemandangan alam atau kolam sebagai upaya lebih lanjut untuk membawa suasana  luar ruangan.

Dalam hal warna interior, sangat penting untuk mempertimbangkan lagi iklim daerah Mediterania. Interior rumah digunakan sebagai ruang sejuk, dari panas di siang hari. Penyejuk  alami bernuansa biru, hijau, abu-abu dan putih adalah  fitur biasa dalam gaya ini.

Namun jika iklim  rumah tidak mencerminkan pesisir laut yang sejuk, maka perlu mempertimbangkan untuk membawa gaya Tuscan palet warna-warna hangat, seperti karat, hutan hijau, emas, dan labu untuk menambah kehangatan dan kedalaman rasa.

Lansekap adalah area yang terbuka lebar yang menjadi pilihan ketika merencanakan sebuah rumah gaya Mediterania. Segala sesuatu dari Taman Italia yang formal dengan pagar dan air mancur sampai Taman Moor yang bergaya Spanyol dapat digunakan untuk aksen desain jenis ini.

Karena gaya rumah ini populer di wilayah yang hangat, maka lansekap tropis lengkap dengan pohon-pohon palem, pakis besar, dan bunga-bunga eksotis, adalah ciri khas lain yang sangat populer dari rumah Mediterania modern.