Mengenal Polywood dan Penggunaannya Sebagai Alternatif Kayu Solid

Polywood merupakan bahan material komposit yang dibuat dari termoplastik. Bahan kayu plastik ini dirancang agar terlihat seperti kayu, dan digunakan di berbagai macam aplikasi yang sama seperti halnya dengan kayu kayu tradisional.

Bahan atau material ini dibuat dari serat plastik yang dipres bersama-sama dengan tingkat panas dan tekanan yang tinggi agar membentuk papan kayu padat, balok, dan bahan lembaran. Polywood terutama digunakan untuk menggantikan kayu perabot outdoor seperti jendela dan kursi teras.

Polywood

Produk kayu komposit ini bisa ditemukan di tempat-tempat komersial dan residensial. Bahan ini banyak digunakan untuk menciptakan perabot bar dan kursi outdoor di kolam renang dan resort, dan bisa juga bisa ditemukan pada meja piknik,bangku taman dan tempat bermain.

Salah satu penggunaan terbanyak untuk polywood adalah pada perabotan di halaman belakang rumah, antara lain kursi taman, meja dan bangku.

Bahan polywood biasanya dilengkapi dengan pewarnaan serta warna terpisah yang lain untuk memberikan penampilan yang cerah dan menarik. Warna-warna ini menghiasi seluruh permukaan bahan sampai masuk ke dalam bahan, dan tidak akan hilang dari waktu ke waktu karena terkelupas, tergores, atau seringnya penggunaan atau kesalahan penggunaan .

Material ini juga bisa dicat atau diwarnai sesuai dengan finishing yang diinginkan. Beberapa produk dibuat agar bisa menciptakan tampilan serat kayu, dan ada juga yang memiliki permukaan halus. Anda harus memilih produk polywood dengan lapisan tahan UV agar warnanya tidak memudar dari waktu ke waktu, atau bisa juga dengan menambahkan lapisan pelindung UV sebelum menggunakan produk ini di luar ruangan.

Salah satu keuntungan utama menggunakan produk yang terbuat dari bahan ini adalah karena daya tahannya serta tidak begitu memerlukan perawatan. Polywood mudah dibersihkan, dan secara alami tahan terhadap hujan, air garam, dan faktor lingkungan lainnya.

Bahan ini juga lebih kuat, dan akan bertahan selama bertahun-tahun dan tidak terlalu memerlukan perbaikan atau refinishing. Tidak seperti kayu solid, bahan ini tidak akan mengalami penyusutan, lapuk, atau melengkung karena kelembaban. Bahan ini juga tahan terhadap kerusakan dari hama, rayap dan serangga lainnya.

Jika dibandingkan dengan kayu solid, harga kayu plastik ini mungkin lebih mahal. Kualitas diantara produk-produk ini bisa bervariasi tergantung dari produsennya.

Perabot berkualitas rendah biasanya memiliki finishing plastik yang kurang menarik,sedangkan desain berkualitas baik biasanya lebih terlihat seperti kayu asli, dan memiliki tekstur serat kayu yang terlihat lebih nyata.

Dibandingkan dengan kayu solid, perabotan polywood tersedia dengan desain yang terbatas, namun produk khusus bisa dipesan dari produsen tertentu.