Mengenal Pintu Flush, Pintu yang Lebih Menitikberatkan Fungsinya

Pintu flush adalah pintu interior dan eksterior sederhana yang memiliki permukaan polos di kedua sisinya. Sedangkan jenis pintu ini lebih menitikberatkan fungsi daripada gaya,pintu polos ini cocok untuk desain ruangan yang menonjolkan unsur-unsur lain dalam ruang. Pintu jenis ini biasanya memiliki inti padat atau berongga.

pintu flush

Pintu flush khusus diproduksi dengan menggunakan dua bagian kayu lapis yang melekat pada setiap sisi bingkai. Sedangkan interior pintu itu berlubang, beberapa jenis dukungan tidak biasa yang dibangun di dalam bingkai seperti sistem pendukung sarang lebah.

Kayu lapis bisa digunakan sebagai finishing untuk menonjolkan serat kayu atau bisa juga ditutup dengan cat. Setelah pembuatan pintu selesai,finishing dirawat dengan sealant untuk melindungi warna dari noda dan kerusakan.

Ada juga pintu flush yang menggunakan sepotong inti yang solid yang ditambah dengan beberapa jenis laminasi atau kayu lapis di setiap sisi. Seperti halnya dengan desain pintu berongga, model padat kemudian dicat,maka diperlakukan juga sealant.Disamping berat,jenis pintu yang padat biasanya menjadi pilihan yang lebih baik pada pemasangan pintu flush geser diantara dua kamar.

Hardware pintu flush biasanya sangat mudah disimpan. Jika pintu dimaksudkan untuk dipasang di rel maka hardware akan tersembunyi,sehingga memungkinkan pintu untuk bisa saling bergeser. Desain ini biasa digunakan pada pintu yang digunakan untuk lemari.Pintu seperti ini bisa digunakan ketika pintu dipasang dalam posisi ayun bolak-balik,bukan bergeser di sepanjang rel.

Meskipun pintu flush biasanya lebih menitikberatkan pada fungsinya saja dibandingkan jenis pintu lain,tapi bukan berarti pintu ini tidak bisa menjadi elemen yang menarik dalam desain ruang. Pintu ini bisa dicat dengan pola yang menarik agar terlihat  berseni ketika. Pintu jenis ini juga bisa menjadi sarana untuk memadukan warna sekunder dengan warna yang digunakan dalam ruang, sehingga warna yang keluar selaras dengan tampilan umum ruangan.

Disamping pintu flush kayu tradisional,ada juga jenis pintu yang terbuat dari besi. Jenis pintu interior sering digunakan dalam sistem keamanan tingkat tinggi. Versi pintu besi eksterior biasanya digunakan dalam konstruksi motel di mana masing-masing kamar yang bisa diakses dari catwalk terbuka.