Mengenal Konsep Rumah Pintar, Perpaduan Konsep Rumah dengan Kemajuan Teknologi

Segala hal yang kita gunakan dalam hidup semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Mulai dari otomotif, peralatan rumah tangga sampai dengan gadget, berkembang demikian pesat dan pintar sesuai dengan tuntutan kehidupan modern. Demikian pula dengan konsep rumah, dari sekian banyak konsep rumah, ada diantaranya yang disebut Rumah Pintar.

Namun bagaimana sebenarnya dengan tempat tinggal kita, apakah juga telah mengikuti  kemajuan teknologi dan berkembang hingga menjadi pintar ? Sebuah hunian sejatinya harus dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemiliknya. Namun terkadang hunian dibangun sedemikian rupa tanpa terencana dengan baik, sehingga hal-hal seperti keamanan dan kepraktisan sering terlupakan.

Rumah Pintar

Konsep rumah pintar menawarkan berbagai macam kepraktisan dan keamanan yang dipadupadankan dengan kemajuan teknologi. Bayangkan, Anda cukup menggunakan tablet atau smartphone untuk mengendalikan seisi rumah. Mulai dari alat rumah tangga, pintu garasi sampai dengan AC, walaupun kita berada jauh dari rumah.

Konsep ini berawal dari diciptakannya alarm rumah yang terkoneksi langsung ke perusahaan security yang terhubung dengan kepolisian setempat. Pada perkembangannya, sistem yang semula terkoneksi hanya lewat kabel kini bisa dilakukan melalui jaringan satelit atau nirkabel. Hal ini tentu menambah kemudahan bagi perusahaan security untuk memberikan laporan kepada pengguna jasa home security ini apabila terjadi sesuatu pada rumah pelanggan.

Hal ini dilanjutkan dengan sebuah sistem, dimana pemilik rumah dapat mengakses kamera pengawas yang dipasang di dalam rumah melalui gadget yang dimilikinya. Dengan sistem automation ini, sudah tentu menggelitik para peneliti untuk mengembangkan teknologi ini lebih lanjut ke sistem yang dapat mengakses segala hal yang ada di rumah yang bisa dikendalikan secara elektronik.

Bila dijelaskan dengan sederhana, prinsipnya adalah menggabungkan semua teknologi-teknologi pengendalian jarak jauh yang sudah ada seperti pintu pagar, kunci pintu rumah, alarm rumah, televisi, AC dan sebagainya. Semua digabungkan menjadi sebuah sistem terpadu dan langsung dikendalikan oleh gadget Anda dengan sistem yang disebut dengan home networking.

Home Networking merupakan inti dan konsep Rumah Pintar. Sistem ini bukan hanya untuk komputer, musik dan video saja. Home Networking merupakan kunci untuk mengakses segalanya pada hunian Anda. Pada teknologi canggih ini, jaringannya sudah menggunakan jaringan nirkabel. Oleh sebab itu home networking dapat diaplikasikan pada hunian yang sudah jadi, karena tidak dibutuhkan pembongkaran untuk aplikasinya. Untuk lebih jelasnya sistem ini meliputi :

Home Security & Control Home Acces

Sistem ini mengintegrasikan keamanan rumah dengan kontrol akses kedalam desain rumah. Bukan hanya memberikan keamanan terbaik, tetapi juga memberikan suatu kemudahan yang luar biasa untuk kehidupan sehari-hari. Rumah Pintar mengintegrasikan sistem keamanan yang memungkinkan bagi alarm, pencahayaan dan kamera pengawas untuk dikelola dari satu panel kontrol. Televisi, kamera dan alarm sensor yang terintegrasi memungkinkan untuk Anda memantau huniannya dari jarak yang jauh.

Selain itu sistem ini juga memberikan fasilitas untuk memantau dari layar televisi di rumah maupun dari gadget atau internet secara real time. Jadi kalau Anda sedang menonton televisi, bisa sesekali mengganti channel in-house untuk memantau keadaan rumah dan sekitarnya supaya aman.

Home Communication  & Intercom

Rumah Pintar juga mampu menginstal sistem digital PABX, yaitu sebuah sistem yang memungkinkan telekomunikasi multi line atau multi extention. Selain itu sistem ini menyediakan fasilitas intercom antar ruangan di rumah yang dapat digunakan untuk saling berkomunikasi.

Cara aplikasinya cukup mudah, dengan sistem kabel yang terstruktur yang telah disiapkan, Anda akan memiliki fleksibilitas untuk memiliki layanan internet dan bisa mengendalikan home entertainment apapun yang bisa dihubungkan dengan sambungan nirkabel di ruangan manapun di hunian.

Home Lighting control

Sistem ini memudahkan Anda untuk mengatur pencahayaan di setiap ruangan. Selain menciptakan suasana dengan sistem pengaturan otomatis ini juga dapat mengatur pemakaian dari lampu yang secara keseluruhan dapat menghemat biaya listrik.

Energy & Water Management

Ini adalah sistem untuk pengelolaan energi dan penggunaan air. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tapi juga memberikan penghematan. Sebuah alat smart meter (meteran listrik elektronik) dapat mengatur penggunaan listrik yang dibutuhkan rumah.

Sebagai contohnya adalah pada penggunaan air di dalam dan sekitamya. Dengan menggunakan kombinasi kontrol timer dan sensor kelembaban tanah, sehingga air hanya digunakan ketika dibutuhkan dan dalam waktu tertentu.

Dengan segala perkembangan tersebut maka terciptalah sebuah hunian yang memiliki keamanan dan kepraktisan yang dibutuhkan oleh Anda. Bagusnya lagi, sistem ini bukan hanya dapat diaplikasikan  untuk rumah tanah saja, namun juga berlaku untuk apartemen.

Harapan kedepannya adalah sistem yang terintegrasi ini selain memberikan informasi mendetel mengenai keadaan rumah, juga dapat membantu dalam masalah penghematan energi dan juga air, yang pada sebagian masyarakat tidak memiliki waktu dan ketelitian untuk melakukan langkah penghematan tersebut.

Di masa yang akan datang besar kemungkinan diaplikasikannya sistem Artificial Intelligence (Al) sebagai otak dari rumah sehingga dapat mengenali pemilik rumah dan kebiasaan-kebiasaannya. Sehingga ketika Anda pulang, segalanya sudah disiapkan oleh rumahnya.

Bagikan :