Mengenal Kaca Tempered, Kaca Pengaman yang Tidak Berbahaya

Kaca tempered merupakan salah satu jenis kaca yang biasanya digunakan pada aplikasi yang berpotensi menimbulkan bahaya.Kaca ini diproduksi dengan cara yang lebih sulit daripada kaca normal melalui proses pemanasan ekstrim dan pendinginan yang cepat.Jenis kaca memiliki daya tahan lebih kuat sampai lima kali lipat dibandingkan dengan kaca standar dan tidak akan menimbulkan pecahan tajam ketika pecah.

Kaca tempered

Kaca tempered pecah dengan cara yang unik.Jika ada bagian kaca pecah maka seluruh panel hancur sekaligus.Sifat rapuh dari kaca ini menyebabkan pecahan kaca ini berbentuk oval kecil seperti butiran jagung dan tidak tajam sehingga tidak menimbulkan bahaya.

Oleh karena itu,kaca tempered dengan kekuatan yang dimilikinya sering disebut sebagai kaca pengaman.Sangat berbeda dengan kaca normal,apabila pecah biasanya mengalami retak kecil atau kerusakan lokal dan dampak yang cukup parah.

Proses termal yang membentuk kaca kokoh ini membuat properti ini tahan panas sehingga kaca tempered bisa digunakan untuk membuat karaf pada pembuat kopi otomatis dan pintu atau jendela oven.Aplikasi rumah atau bangunan  yang biasanya menggunakan jenis kaca  ini antara lain jendela,pintu,bak mandi dan pintu kamar mandi.

Sedangkan aplikasi lainnya yang biasanya menggunakan kaca tempered antara lain layar komputer,skylight dan mobil.Untuk aplikasi di dalam mobil, kaca ini berfungsi untuk kaca pengaman bagian depan,bagian belakang dan jendela samping.

Kaca depan terbuat dari kaca laminasi yang terdiri dari lembaran plastik antara dua panel kaca.Ketika sudah terpasang,panel kaca menempel pada film plastik sehingga tidak mungkin jatuh mengenai pengemudi maupun penumpang.

Akhir-akhir ini akrilik telah menggantikan kaca tempered pada beberapa aplikasi.Akrilik memiliki kekuatan hingga duapuluh kali lipat dibandingkan dengan kaca normal.Akrilik juga sangat ringan yaitu setengah dari berat kaca.

Namun kekurangan dari akrilik adalah mudah terbakar,sehingga Anda tidak akan menemukan sebuah teko kopi atau pintu oven akrilik.Jika terjadi gagal pasang akrilik tidak hancur seperti kaca tempered tapi hanya retak atau melengkung  saja.