Mengenal Furniture Kayu Lapis, Hemat Biaya Tapi Tetap Menarik

Furniture kayu lapis merupakan jenis furnitur yang terbuat dari plywood atau kayu lapis,ini adalah bahan prefabrikasi yang terdiri dari lapisan tipis atau veneers kayu.Jenis furnitur ini biasanya memiliki penampilan yang indah serta akan lebih tahan terhadap pembengkokan, retak, dan kerusakan lainnya .

Dengan menggunakan kayu lapis memungkinkan bahan baku ini mudah dilengkungkan atau dibentuk dengan mudah.Kayu lapis juga umumnya cukup murah bila dibandingkan dengan kayu solid. Pembuat furnitur biasanya menggunakan kayu lapis pada desain furnitur untuk menghemat biaya tanpa mengorbankan kekuatan dan penampilannya.

Furniture kayu lapis

Kursi dan meja adalah jenis furniture yang paling umum dibuat dengan bahan baku ini,namun pada dasarnya kayu lapis bisa digunakan untuk membuat hampir semua jenis furnitur. Furniture kayu lapis juga bisa ditemukan pada tempat tidur,tempat kerja, bangku, dan sebagainya.

Tidak jarang pula kita bisa menemukan rak buku, atau bahkan pintu atau lemari yang terbuat dari kayu lapis. Aplikasi yang bisa menggunakan kayu lapis tidak terbatas, meskipun untuk struktur yang berat, kayu lapis tidak mungkin menjadi pilihan terbaik. Kayu solid umumnya lebih disukai daripada kayu lapis, meskipun begitu kayu lapis tidak harus selalu diabaikan sebagai pilihan.

Fleksibilitas kayu lapis membuat produsen furnitur selalu ingin berkreasi dengan bentuk dan garis furnitur kayu lapis. Kursi dan meja biasanya menampilkan kurva dan sendok yang memberikan penampilan yang berbeda. Lapisan veneer kayu lapis juga bisa memberikan penampilan furniture yang khas dan bisa menciptakan daya tarik visual yang unik.

Material ini sangat mudah dikerjakan selama proses produksi, yang berarti produsen furniture biasanya lebih leluasa untuk bereksperimen dengan desain yang berbeda. Biaya rendah kayu lapis juga akan lebih menghemat bahan baku yang bisa dialihkan untuk mendorong eksperimentasi.

Veneer kayu lapis terluar yang digunakan untuk furnitur kayu lapis biasanya terbuat dari kayu dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan lapisan dalam. Lapisan terluar merupakan lapisan yang paling terlihat, sehingga pada umumnya produk furniture  dirancang untuk menampilkan lapisan terluar agar terlihat lebih menarik.

Bagian yang empuk dan fleksibel akan ditempatkan pada lapisan dalam, sedangkan fleksibilitas dari lapisan luar tidak begitu penting. Kayu birch adalah pilihan populer di kalangan para pembuat mebel namun jenis kayu  lain yang tak terhitung jumlahnya juga bisa digunakan dan dimaksimalkan untuk membuat lapisan terluar dari veneer.