Mengenal Bata Veneer untuk Menambah Keindahan Rumah

Veneer adalah nama yang diberikan untuk bahan yang ditempelkan pada permukaan bahan lainnya. Ini merupakan bata dengan permukaan veneer tipis di bagian depannya. Ada beberapa jenis bata veneer yang diproduksi untuk aplikasi indoor maupun outdoor, dengan pemasangan yang  sangat bervariasi. Ada beberapa veneer bata yang tampak sangat mirip dengan bata merah tradisional, ada juga yang memiliki penampilan yang lebih sederhana.

Bata Veneer

Bata veneer dipasang dengan cara ditempelkan pada dinding interior dan ubin.Mortar ditempelkan ke dinding terlebih dahulu kemudian bata ditempelkan di atas mortar tersebut. Plastik spacer digunakan untuk memisahkan batu bata selama proses pengeringan untuk membuat jarak masing-masing bata.

Setelah mortar dirapikan,kemudian  batu bata dipasang secara berbaris di atasnya. Bata Indoor paling populer untuk dekorasi dinding sekitar dapur, atau untuk menciptakan nuansa industri di apartemen.

Pemasangan bata veneer outdoor sangat berbeda dengan pemasangan indoor. Veneer bata tidak dipasang secara langsung pada rumah, tapi hanya ditempelkan pada dinding rumah yang telah berdiri.Ikatan bata menempel ke rumah menggunakan mortar. Bata yang ada di bagian bawah dan tersusun dari bawah  didukung oleh beban mereka sendiri.

Ada beberapa kelemahan yang harus dipertimbangkan ketika Anda tertarik untuk memasang bata veneer di luar rumah. Proses pemasangannya tidak semudah yang dibayangkan, dan pemilik rumah tidak disarankan untuk melakukan pemasangan sendiri tanpa pengalaman yang cukup.

Meskipun dapat terpasang dengan baik bata veneer merupakan struktur terpisah,sehingga hal ini tidak akan menambah kekuatan struktural.Pasangan bata ini juga bisa mengalami kerusakan karena air, meskipun hal ini bisa diminimalkan dengan menyediakan lubang drainase di bagian bawah dinding.

Meskipun memiliki kelemahan, kolam dengan bata veneer adalah pilihan yang menarik dan klasik bagi banyak pemilik rumah. Hal ini karena daya tahan yang baik dan tidak terlalu memerlukan perawatan.

Papan vinil sangat rentan terhadap kerusakan dan bisa terbang tertiup angin, sedangkan papan besi lama-lama bisa penyok dan memudar. Dengan menggunakan bata veneer,tidak ada pengecatan tambahan yang diperlukan seperti pada papan kayu dan besi. Dengan menggunakan veneer bata juga akan meminimalkan kerusakan secara signifikan, tidak seperti papan vinil yang mudah rusak.

Penggantian papan bisa menjadi proses yang sulit. Menyesuaikan papan lama dan yang baru terbukti bisa menjadi tugas yang sulit, sehingga batu bata veneer menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang menyukai kesederhanaan dan ketahanan. Dengan pemasangan yang profesional dan tepat, bata veneer bisa menjadi nilai tambah dan keindahan untuk rumah atau bangunan.

Tolong Di Share :