Material Atap Teras Terbaik Sesuai Dengan Wilayah dan Iklim

Material atap teras terdiri dari berbagai pilihan antara lain besi spandek, kayu, vinil dan plastik. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan bahan yang cocok atau sesuai dengan wilayah dan iklim tertentu sehingga Anda bisa menentukan pilihan yang terbaik.

Beberapa material lebih cocok untuk iklim tertentu daripada bahan lainnya. Pada umumnya pemilik rumah akan menyerahkan sepenuhnya kepada kontraktor atau jasa tukang untuk melakukan pekerjaan ini.

Material Atap Teras

Tampilan dari masing-masing material atap teras juga memiliki peran penting untuk membantu Anda menentukan pilihan yang terbaik. Sangat mudah untuk melihat-lihat pilihan material atap di toko bahan bangunan online atau dengan mengunjungi toko bahan bangunan terdekat sebelum membuat keputusan akhir.

Salah satu material teras atap yang paling populer adalah besi spandek. Material atap besi ini memiliki beberapa kelebihan, seperti tahan lama, cocok dengan model teras pada umumnya, dan tersedia dengan harga yang terjangkau.

Pada umumnya, atap spandek harus dipasang secara profesional untuk menghindari pemasangan yang salah. Pemasangan yang salah bisa mengakibatkan biaya lebih untuk memperbaiki atap itu sendiri dan untuk mengganti properti lainnya yang rusak oleh air dari atap yang bocor.

Sedangkan kekurangan atap besi spandek yaitu bahwa atap ini menyerap panas secara berlebihan, sehingga bisa membuat teras di bawahnya terasa panas dan tidak nyaman bagi banyak orang.

Ketika memilih atap teras spandek, gunakanlah hanya lembaran spandek yang cukup kuat untuk menopang berat badan seseorang agar sewaktu-waktu bisa bisa melakukan perbaikan dan perawatan dengan mudah.

Material atap teras kayu telah digunakan sejak lama pada teras rumah, gazebo, dan struktur outdoor lainnya. Jenis atap ini sangat mudah dipasang, bahkan oleh pemula atau orang awam sekalipun.Jenis atap teras ini juga sangat tahan lama, terutama bila selalu melakukan perawatan yang tepat.

Atap kayu bisa dirancang untuk menyediakan tempat bernaung untuk seluruh teras, atau dipasang pada desain pergola agar cahaya matahari bisa masuk. Materi ini biasanya tidak cocok untuk teras yang cenderung basah oleh air hujan karena risiko jamur dan lapuk. Ahli bangunan biasanya menyarankan atap kayu hanya untuk daerah dengan iklim yang sedang.

Vinil dan bahan komposit plastik juga bisa menjadi pilihan untuk membuat atap teras. Banyak kelebihan yang terkait dengan vinil, antara lain adalah ketersediaan dalam berbagai warna dan pola, sifat-sifat perlindungan yang efektif dari sinar matahari dan mudah dalam pemasangan. Atap ini biasanya berupa lembaran vinil atau plastik yang khusus dibuat agar sesuai dengan dimensi teras atau gazebo.

Angin kencang dan badai biasanya menjadi masalah untuk jenis atap plastik, serta sering hilang atau rusak akibat dari kondisi cuaca buruk. Oleh sebab itu,disarankan untuk melepas bahan atap itu dari struktur untuk sementara waktu,sebelum terjadi badai jika memang keadaannya memungkinkan.