Manfaat Menggunakan Hordeng, Memblokir Cahaya dan Privasi Ruangan

Bagi beberapa orang yang berusia lanjut, ketika memikirkan tirai atau hordeng akan memunculkan gambaran serangan udara, dan kondisi gelap selama Perang Dunia II. Dulu tirai dijadikan sebagai sebuah perangkat keamanan sehingga rumah itu tidak akan menunjukkan adanya cahaya sehingga tidak menjadi target bagi pemboman. Namun saat ini peralatan ini telah berevolusi menjadi sesuatu yang sangat berbeda.

Banyak orang sekarang menganjurkan penggunaan hordeng sebagai penutup jendela yang praktis, hemat energi, dan bisa mengurangi kebisingan.Untuk tipe standar dapat menghalangi beberapa titik cahaya, sementara yang lain semata-mata untuk sebagian sumber cahaya saja.

Hordeng

Hampir semua jenis kain hordeng dibuat dengan bahan tenun yang sangat rapat dan dapat mengubah cara kerjanya. Peralatan ini dirancang agar dapat digantung sehingga mencakup semua bagian dari jendela, mungkin hampir sepenuhnya akan menghalangi cahaya. Beberapa perusahaan mengklaim bahwa produk mereka mampu menghalangi sekitar 99% cahaya yang akan masuk ke jendela.

Kemampuan menghalangi cahaya bisa menjadi pilihan yang cocok untuk orang-orang yang memiliki jadwal yang tidak biasa. Mereka yang bekerja pada shift malam dan tidur di siang hari cenderung akan tidur lebih nyenyak jika mereka tidak terkena cahaya siang hari. Hordeng menjadi solusi yang tepat dan tidak akan berkurang kemampuannya meskipun telah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Orang yang menganjurkan green produk akan merekomendasikan tirai juga. Karena peralatan ini mampu memblokir cahaya dan menjaga kamar selalu dalam suhu panas yang sama. Ketika digunakan di musim dingin, peralatan ini juga akan membantu ruangan untuk tetap hangat.

Ada banyak klaim yang berbeda-beda tentang persentase penghematan energi yang mungkin terkait dengan tirai ini . Namun peralatan ini juga akan memberikan beberapa insulasi, yang bisa menghemat uang dan energi.

Hordeng dapat mengurangi kebisingan. Ini akan membantu kita yang tinggal di dekat jalan dengan lalu lintas yang tinggi, atau bagi siapa saja yang tidur di siang hari. Bisa disimpulkan bahwa perangkat tambahan ini dapat mengurangi kebisingan dari luar ruangan. Mereka yang tinggal di lingkungan seperti apartemen atau rumah susun mungkin akan menemukan bonus privasi tambahan ini.

Dengan kelebihannya yang bisa memblokir cahaya, ini akan menjadi kekurangan juga. Ketika digunakan pada malam hari, orang mungkin tidak akan terbangun keesokan paginya ketika matahari terbit. Tirai kain ini juga akan membuat ruang interior yang sangat gelap, yang berarti kita harus menggunakan lampu tambahan di rumah.

Beberapa orang mungkin akan merasa kurang nyaman dengan kondisi gelap tapi tetap ingin menggunakan hordeng karena alasan privasi. Dalam hal ini, orang-orang biasanya akan memilih yang  bertipe sheerer( tipis dan halus ) atau tirai bergaris.

Sangat mudah untuk menemukan tirai ( hordeng ) pada beberapa pengecer yang terkenal atau pada situs online mereka dengan harga,warna dan model yang bervariasi.

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit maka Anda dapat membuat hordeng sendiri atau mengubahnya dengan lapisan dan bahan yang sesuai dengan selera Anda. Hal ini dapat menghemat uang dan menjadi proyek di rumah yang menyenangkan.