Berbagai Ukuran Batu Kerikil untuk Berbagai Macam Aplikasi

Ukuran batu kerikil dapat bervariasi  dari diameter 1/8 inci (32 cm), hingga diameter 4 inci (10.16 cm). Meskipun ukuran berbagai jenis kerikil ini berbeda-beda, namun memiliki fungsi penting masing-masing.

Ukuran kerikil  #10 biasanya dianggap yang terkecil dari semua ukuran kerikil, dan umumnya digunakan sebagai basis di paving. Sebaliknya, ukuran kerikil #5-7 biasanya digunakan untuk pembuatan dinding penahan. Ukuran kerikil #1 adalah yang terbesar dari semua ukuran batu kerikil, dan digunakan terutama sebagai dekorasi di halaman dan taman.

Ukuran Batu Kerikil

Ukuran yang terkecil dari semua ukuran batu kerikil adalah ukuran #10, yang juga dikenal sebagai kerikil saring atau kerikil ayak. Kerikil ini biasanya berdiameter sekitar 1/8 inci (32 cm), membuat penampakannya mirip pasir kasar. Sering kali, kerikil ayak digunakan sebagai bahan dasar batu bata, batu paving dan barang-barang lain.

Pada umumnya, kerikil ukuran ini juga dapat dimasukkan ke dalam celah-celah yang terbentuk ketika ada batu besar yang disusun sehingga bisa membantu mencegah slip. Ukuran kerikil #10 dapat dibuat dari berbagai batu yang lebih besar, tetapi paling sering dibuat dari ampas kapur.

Ukuran #5-7 adalah salah satu ukuran batu kerikil yang lebih populer. Ukuran kerikil ini memiliki diameter berkisar antara 3/4 inci (1.9 cm)  dan 1 inci (6,4516 cm) . Kerikil ini biasanya digunakan untuk membuat paving untuk pejalan kaki atau jalan masuk.

Selain itu, kerikil ukuran #57 biasanya dicampur dengan ukuran #10 untuk digunakan sebagai bahan dasar dinding penahan, batu bata, paving.Meskipun ukuran #57 dapat digunakan untuk berbagai tujuan, namun biasanya tidak digunakan di daerah yang rentan terhadap lumpur.

Berbeda dengan ukuran kerikil #10 dan #5-7, kerikil yang dikenal sebagai ukuran #1 relatif lebih besar. Biasanya, kerikil ini berdiameter antara 2,5 inci (6.35 sentimeter) sampai 4 inci (10.16 sentimeter). Ukuran kerikil  #1 agak menyulitkan pekerjaan, karena umumnya tidak bisa disekop sehingga harus dipindahkan satu demi satu.

Seperti kerikil jenis lain yang sangat besar, ukuran #1 dapat digunakan terutama sebagai hiasan, dan dapat ditemukan di halaman, kebun, atau bahkan taman. Jenis batu ini juga biasanya dapat ditemukan di sungai.