Macam-Macam Paving Slab untuk Aplikasi Interior Maupun Eksterior

Beberapa jenis paving slab bisa digunakan untuk menutupi permukaan indoor maupun outdoor. Paving slab biasanya terdiri dari bahan-bahan alami seperti batu kapur, batu pasir, atau bluestone. Paving slab juga tersedia dengan batu tulis, granit dan marmer. Beton bertulang juga bisa digunakan sebagai pengganti bahan-bahan alami. Setiap jenis lempengan bahan paving menawarkan kualitas penampilan finishing dan keunikan tersendiri.

Paving slab

Paving slab batu kapur terbuat dari batu alam. Lembaran yang terbuat dari bahan batuan sedimen ini biasanya sangat tahan lama dan umumnya digunakan untuk halaman, patio, dan trotoar. Pasir adalah jenis lain dari bahan-bahan alami sedimen. Lempengan yang terbuat dari bahan ini biasanya tersedia dalam penampilan dan tekstur yang beragam. Batu pasir slab biasanya digunakan untuk membuat halaman dan teras.

Pada umumnya paving slab batu kapur  digunakan untuk permukaan seperti jalan masuk, trotoar dan teras. Lempengan batu alami ini terbuat dari kuarsa dan pasir dan biasanya berwarna biru-abu-abu. Lempengan batu tulis varian lain umumnya lebih murah dan bisa digunakan untuk membuat hampir semua jenis permukaan.

Bahan ini harus dipasang dengan mortar dasar agar bisa digunakan untuk membuat jalan dari paving. Lempengan yang terbuat dari batu tulis biasanya hanya memerlukan sedikit perawatan.

Granit adalah salah satu bahan yang paling tahan lama digunakan untuk membuat paving slab. Lempengan batu yang digali secara alami ini banyak diminati untuk paving jalan masuk, jalan setapak, teras dan halaman.

Lempengan granit juga digunakan untuk interior lantai dan harganya cenderung lebih murah dalam beberapa tahun terakhir.Lempengan granit sintetis juga tersedia untuk aplikasi paving.

Lempengan paving marmer biasanya merupakan bahan paving paling mahal. Lempengan ini memberikan tampilan yang elegan untuk interior dan eksterior permukaan. Lempengan marmer umumnya menawarkan pilihan warna lebih alami daripada bahan paving lain. Meskipun marmer adalah bahan yang sangat kuat, namun biasanya lebih sulit dipertahankan daripada jenis lempengan lainnya.

Paving slab beton adalah produk buatan manusia yang bisa diproduksi dalam hampir semua ukuran, bentuk, dan ketebalan. Lempengan ini umumnya merupakan pilihan paving paling serbaguna dan bisa digunakan untuk aplikasi interior maupun eksterior.

Paving beton juga bisa dibuat dengan berbagai desain dan pola yang berbeda. Biaya yang relatif rendah membuat paving beton menjadi bahan lempengan yang sangat hemat biaya terutama untuk area yang lebih luas seperti jalan masuk. Paving beton biasanya tersedia dalam berbagai finishing dan hampir semua warna.