Kolam Bawah Lantai, Hunian Ala Hotel dan Restoran Bintang Lima

Konsep kolam bawah lantai menjadi tren yang digandrungi. Selain membuat rumah menjadi unik, kesan elegan pun didapat. Seperti apa konsepnya? Dulu, bila bicara tentang kolam ikan kita akan membahas tentang ketersediaan lahan.

Kolam Bawah Lantai

Konsep kolam ikan selalu identik dengan rumah yang memiliki lahan luas. Pasalnya, kolam itu biasa ditempatkan di sudut rumah atau di belakang rumah.Kini tidak lagi, kolam ikan bisa ditaruh di bawah lantai. Tentu saja, kaca yang digunakan haruslah kaca dengan ketebalan yang sudah ditentukan. Konsep kolam bawah lantai ini sungguh luar biasa, rumah menjadi lebih unik dan elegan.

Bayangkan saja, Anda seperti tengah berada di atas kolam dengan ikan-ikan yang tengah berenang di bawahnya. Belum lagi suara gemericik air yang dihasilkan kolam ini, tentu membuat suasana rumah menjadi lebih natural.

Itulah sebabnya, membuat kolam di bawah lantai membutuhkan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan membuat kolam ikan biasa. Diperkirakan, biayanya mencapai Rp. 2,5 juta per meter persegi. Konsep ini lebih mahal karena untuk kaca tempered-nya butuh mengeluarkan uang hampir Rp.1 juta per meter persegi, itu juga belum termasuk perlengkapan yang lain.

Selain itu perawatan juga perlu dilakukan secara rutin agar keindahan dari kolam bawah lantai senantiasa terjaga keindahannya. Namun Anda jangan khawatir, uang yang dikeluarkan sangatlah sepadan dengan hasil yang didapat.

Kolam ikan di bawah lantai memang memiliki harga yang cukup mahal. Namun walaupun begitu pembuatannya tidak sulit, mirip dengan membuat kolam-kolam ikan lainnya. Perhatikan poin-poin di bawah ini :

Sirkulasi Udara

Yang membedakan kolam ikan di bawah lantai dengan kolam ikan biasanya adalah sirkulasi udara. Karena kondisi kolam yang tertutup, maka harus memperhitungkan kebutuhan oksigen bagi ikan yang ada didalamnya.

Konstruksi

Secara konstruksi, cara membuat kolam ini hampir sama seperti membuat pelat lantai atas pada bangunan dua lantai. Tinggal membuat tanggul kolam sesuai model yang diinginkan, apakah bulat atau persegi. Setelah itu, di sekeliling kolam dibuat waterproofing agar tidak terjadi perembesan air.

Material tanggulnya bergantung pada luas kolam. Jika luas kolam yang ingin dibuat cukup luas, sebaiknya gunakan struktur besi lalu dicor. Atau, apabila kolam dibuat kecil dan rendah, bisa menggunakan batu bata sebagai tanggul.

Bagian pelat lantai diganti materialnya dengan kaca laminated tempered. Kaca tempered yang digunakan adalah dengan ketebalan 12 mm untuk tiap 1 meter persegi agar kuat bila diinjak yang diletakkan pada media yang supportnya harus benar-benar dalam keadaan rata, seperti struktur beton atau rangka baja.

Gunakan peredam getar

Tak bisa dipungkiri, kolam ikan di bawah lantai sering kita injak. Hasilnya, tentu akan mudah bergetar karena tekanan. Untuk itu, gunakan karet atau lem antara kaca dan media bagian bawahnya dan antarmodul kaca kolam tersebut agar tak terjadi getaran.

Tambahkan cahaya buatan

Berhubung kolam ikan di bawah lantai berada di dalam rumah, tentunya cahaya menjadi penting. Buatlah cahaya buatan agar kolam ikan terkesan hidup. Kolam di lantai juga membutuhkan lampu untuk menerangi bagian ruang bawahnya. Untuk itu, perhatikan saat pemasangan instalasinya agar terhindar dari masalah korsleting pada arus listrik yang diakibatkan air kolam.

Pilih cahaya yang pas dan sesuai selera. Cahaya jangan terlalu terang atau terlalu temaram. Warna lampu bisa bermacam-macam, mulai dari biru, kuning, hingga merah. Pilihlah sesuai selera Anda.

Estetika

Nah, ini juga merupakan poin penting. Ketika membuat kolam ini, perhatikan penempatan pompa air, pompa oksigen, dan aksesori lain. Sesuaikan dengan kondisi kolam tersebut, jangan terkesan kolam tersebut berantakan, pikirkanlah juga estetikanya. Sejatinya, kolam ikan di bawah lantai dibuat untuk mempercantik bagian dalam rumah Anda. Oleh karena itu, jangan sampai kehadiran kolam justru memperburuk keindahan rumah karena kolam berantakan.

Kolam bawah lantai memiliki banyak kelebihan, dengan penempatan yang tepat serta perawatan yang berkala maka Anda akan mendapatkan sebuah hunian yang unik dan elegan. Walaupun sebagian aplikasi kolam bawah lantai ini digunakan pada hotel dan restoran bintang lima, namun tidak ada salahnya memiliki hunian pribadi yang ada fasilitas bintang lima juga bukan ?

Bagikan :