Keuntungan Menggunakan Pipa Tembaga Dibandingkan Pipa Lain

Jika dibandingkan dengan baja, CPVC atau pipa galvanis, pipa tembaga memiliki lebih banyak keuntungan.Pipa ini sangat tahan lama, mudah dipasang dan fleksibel, lebih aman dari bencana alam, tahan terhadap cuaca dan bakteri dan harganya kompetitif.

Selama beberapa dekade,para pengembang dan proyek pembangunan lebih menyukai pipa tembaga karena kehandalan dan kepadatannya. Pemilik rumah juga lebih meyukainya karena umumnya bisa meningkatkan harga jual rumahnya.

Pipa Tembaga

Karena tembaga adalah logam lembut, pipa ini memiliki keunggulan dibandingkan pipa logam lainnya. Pipa tembaga tersedia dalam bentuk panjang yang kaku dan bentuk gulungan yang elastis. Untuk ketebalannya,Anda bebas menentukan pilihan.

Walaupun Anda memilih yang tipis sekalipun, pipa ini bisa mengalirkan air dengan volume lebih besar, sehingga kontraktor lebih mudah untuk memasang pipa di dinding dan lantai ruang yang sempit. Karena pipa bisa menekuk,maka hanya membutuhkan lebih sedikit konektor dan pengencang, sehingga bisa menghemat hardware dan biaya pemasangan.

Dengan menggunakan pipa tembaga, pasokan air akan terjamin kebersihannya. Timbal telah dibersihkan dari proses produksi sehingga tidak akan menimbulkan risiko kesehatan seperti pada pipa galvanis. Tembaga juga bersifat biostatic, yang berarti bakteri tidak bisa berkembang di dalam pipa.

Pipa ini bisa mengalirkan air minum yang berada di antara pH 6,5-8,5. Aplikasi terbaik adalah pada bangunan yang terhubung ke pipa penyuplai air atau PAM. Tembaga juga tahan korosi dan tidak terpengaruh oleh sinar ultraviolet, sehingga bisa disesuaikan untuk aplikasi luar ruangan seperti sistem sprinkler.

Berbeda dengan CPVC, pipa tembaga tidak melepaskan gas beracun pada peristiwa kebakaran karena pipa ini anti panas atau api. Variasi suhu dari pipa ini relatif tidak terpengaruh, meskipun permasalahan akan muncul ketika suhu sangat panas dan pipa bisa meledak.

Pipa elastis lebih fleksibel dalam gempa bumi, daripada pipa kaku yang bisa menyebabkan kerusakan tambahan. Kebocoran jarang terjadi,tapi jika sampai terjadi, ini mudah diganti atau diperbaiki karena sistem fitting dan ukurannya yang universal.

Kualitas akan mengurangi biaya perbaikan dan pemeliharaan,sehingga pipa tembaga lebih ekonomis untuk investasi jangka panjang. Material yang pada awalnya mungkin relatif mahal, tetapi jatuhnya mungkin lebih murah karena bisa tahan hingga 50 tahun.

Hal ini tidak pernah ditemukan pada pipa jenis lain. Kesimpulannya adalah bahwa memilih pipa tembaga tidak semahal yang Anda pikirkan. Tembaga bahkan bisa didaur ulang, sehingga menjadi pilihan terbaik untuk menjaga lingkungan yang lebih sehat daripada CPVC.

Tolong Di Share :