Jenis Sliding Door yang Sering Digunakan dalam Berbagai Aplikasi

Sliding Door atau pintu geser terbuka secara horizontal menggeser ke sepanjang rel atau trek. Saat ini ada banyak jenis sliding door yang tersedia untuk konsumen dan akan diulas berikut ini.

Jenis Sliding Door

Pocket Door adalah jenis Sliding Door yang paling sering digunakan di daerah yang tidak memiliki ruang untuk pintu berengsel.Pocket Door meluncur sendiri dan masuk ke dalam kompartemen atau pocket di dinding yang berdekatan. Rol biasanya terletak di jalur atas dan terkadang ada di trek lantai.

Pintu-pintu geser ini digunakan dalam berbagai aplikasi antara lain kamar mandi, lemari, kantor, kamar khusus atau di tempat lain yang memiliki keterbatasan ruang sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan pintu tradisional. Kadang-kadang jenis pintu ini juga digunakan untuk menciptakan efek arsitektur dan bisa ditemukan pada jenis pintu single dan double.

Arcadia door adalah jenis sliding door yang cukup diminati. Pintu ini berbentuk persegi panjang dan terbuat dari kaca. Pintu geser Arcadia dipasang pada rol sejajar dengan panel kaca tertentu dan dalam bentuk yang serupa. Hal ini sejalan dengan panel kaca yang berdekatan ketika terbuka penuh dan menggeser kembali ke tempatnya saat ditutup.

Pintu-pintu ini paling sering digunakan sebagai pemisah antara ruangan interior dan eksterior,danĀ  biasanya mengarah ke area halaman belakang atau teras. Dalam aplikasi ini, pintu Arcadia juga disebut patio door.Istilah ini berasal dari produsen pintu geser jenis tertentu.

Bypass door adalah jenis sliding door yang sering digunakan untuk lemari dan pantries. Jenis pintu ini meluncur ke belakang dan melewati satu sama lain ketika terbuka. Ketika tertutup,pintu ini berdiri berdekatan satu sama lain dan efektif menghalangi pembukaan atau akses masuk. Pintu bypass dipasang pada trek di bagian atas dan bawah kusen pintu.

Mirrored door secara teknis adalah sub dari Sliding Door. Jenis pintu ini bisa ditemukan seperti Pocket door dan Bypass door. Biasanya dipasang di lemari kamar tidur agar ruangan terasa lebih luas,sekaligus sebagai cermin rias di kamar.

Pintu Prancis, meskipun biasanya diayunkan, sekarang tersedia dalam variasi geser untuk menghemat ruang. Ini adalah pintu Prancis tradisional yang dimodifikasi menjadi Sliding Door.

Shoji screen adalah jenis lain dari pintu geser. Pintu ini terbuat dari kayu dan kertas tembus cahaya dan telah digunakan di Jepang selama berabad-abad.Pintu ini memiliki banyak kegunaan dan telah menjadi populer dalam desain kontemporer dengan pengaruh Asia. Pintu ini paling sering terlihat untuk akses ke area kebun atau halaman belakang.