Macam-Macam Jenis Kayu Lemari untuk Ruangan Dapur

Ada berbagai jenis kayu lemari yang saat ini tersedia untuk dapur. Anda bisa memilih dari warna-warna terang, menengah dan warna gelap. Semua jenis kayu memiliki intensitas serat dan model tersendiri. Kayu lemari populer yang digunakan di rumah-rumah khususnya ruang dapur antara lain birch, hickory, pinus, cherry, maple dan oak.

Kayu Lemari

Oak adalah kayu yang berwarna sedikit terang dengan serat terbuka. Anda bisa menemukan lemari kayu oak dalam variasi warna putih, kuning dan merah dalam nuansa dingin sampai hangat.

Tekstur oak sangat kasar, sehingga sangat cocok untuk dekorasi dapur pedesaan dan tradisional yang lebih baik daripada tampilan kontemporer. Oak adalah kayu yang tahan lama dan biasanya lebih murah dibandingkan cherry dan maple.

Maple adalah kayu yang kuat dengan serat yang lebih halus daripada oak. Meskipun serat kayu tersebut berwarna sedikit, tapi tetap menarik karena bentuknya tidak seragam. Maple adalah pilihan populer untuk lantai kayu serta lemari.

Tampilan lemari kayu maple bisa disesuaikan dengan model dekorasi rumah kontemporer dan tradisional. Lemari Maple tersedia dalam warna krem terang sampai warna gelap dan beberapa tampilan ruangan yang berbeda-beda.

Lemari kayu Cherry cenderung memiliki tampilan yang elegan sesuai dengan harganya yang mahal. Cherry adalah kayu berkualitas bagus dan digunakan untuk membuat furniture kelas atas dan termasuk lemari yang bagus.

Serat kayu pada kayu cherry terlihat jelas dianggap sebagai keuntungan oleh banyak orang, meskipun beberapa orang  lebih memilih kayu yang berserat lebih halus. Lemari kayu cherry tersedia dalam warna sedikit kemerahan sampai cokelat sangat gelap. Warna-warna di kayu cherry biasanya tidak konsisten.

Pinus adalah kayu yang berwarna terang dengan lubang knot gelap di dalamnya. Lemari kayu pinus memiliki ciri khas sangat alami, tampilan pedesaan, sehingga lebih cocok digunakan di pedesaan daripada sebagai dekorasi kontemporer.

Lemari Pinus biasanya memiliki tipe lemari kayu termahal, tetapi tidak tahan lama,mudah melengkung dan tergores. Lemari ini hanya menambah daya tarik tampilan pedesaan, namun dalam pengaturan lain biasanya dapat mengurangi skema dekorasi.

Lemari Hickory sangat cocok bagi orng yang menyukai kayu dengan warna terang dan gelap yang tidak konsisten, karena mineral menyebabkan garis-garis kayu hickory. Hickory terlihat lebih sederhana, namun berat, kuat dan sangat tahan lama.

Lemari Hickory sangat cocok ketika Anda tertarik dengan kualitas kelas atas,  namun belum menginginkan sesuatu yang  terlalu formal. Lemari Hickory biasanya harganya lebih murah daripada lemari Cherry.

Kayu Birch hadir dalam warna krem terang sampai coklat kemerahan. Birch adalah kayu yang memiliki knot kecil dan halus, serat dan tekstur halus. Lemari birch lebih sesuai dengan model kamar tradisional dan selaras dengan model klasik,dengan warna cat netral.

Lemari kayu birch adalah pilihan populer karena  anti gores dan lebih murah daripada beberapa jenis kayu lemari lainnya.

Tolong Di Share :