Cara Mengatasi Air yang Berkapur dengan Filter Shower Air Keras

Air yang memiliki mineral larut dalam jumlah banyak biasanya disebut sebagai air keras (air yang terlalu banyak kapurnya). Orang yang mandi dengan air keras biasanya akan memiliki beberapa masalah, termasuk kulit kering dan putih-putih, kerak kapur juga bisa mengendap di tub dan bilik shower. Salah satu cara untuk menyingkirkan air keras di shower adalah dengan membeli filter shower air keras yang bisa menyaring air yang mengandung kapur.

Tidak seperti penjernih air, filter shower air keras akan menghilangkan mineral dari air, logam berat, bahan kimia, dan sedimen. Filter ini umumnya mudah dipasang, karena umumnya cukup dengan mengganti kepala shower yang sudah ada.

Filter Shower Air Keras

Air keras memiliki kandungan mineral yang jauh lebih tinggi daripada jenis air lainnya. Beberapa mineral yang lebih umum dalam air keras diantaranya adalah kalsium dan magnesium. Air keras terbentuk ketika air di dalam tanah mengandung mineral-mineral ini dalam jumlah banyak.

Sering mandi dengan air keras tidak selalu dianggap berbahaya, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Sebagai contoh, tanpa filter shower air keras maka air keras di kamar mandi biasanya tidak dapat membilas sabun dengan sempurna. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya residu sabun pada kulit. Banyak orang mengalami kulit kering atau iritasi kulit.

Air keras juga bisa meninggalkan endapan kalsium pada permukaan tub dan bilik shower. Kerak putih yang terbentuk ini biasanya sangat sulit untuk dihilangkan,dan bahkan bisa menyebabkan masalah dalam pipa. Untuk mengatasi masalah air keras, beberapa orang memasang penjernih air.

Penjernih air bisa dipasang dalam waterlines rumah atau hunian lain. Unit ini biasanya menggunakan garam untuk menyingkirkan mineral air yang tidak diinginkan. Penjernih air biasanya bentuknya agak besar,harganya agak mahal,perawatannya juga cukup mahal.

Jika di rumah Anda tidak memungkinkan untuk memasang unit besar dari penjernih air ini, maka sebaiknya memasang filter shower air keras saja karena lebih sederhana dan lebih mudah.Filter shower bisa dipasang tepat di kamar mandi dan akan menyaring mineral yang berlebihan yang menyebabkan air keras.

Sebagian besar dari filter ini juga menghilangkan beberapa kotoran air lainnya yang tidak bisa dilakukan oleh penjernih air , termasuk bahan kimia dan logam berat seperti merkuri. Beberapa filter ini juga akan mengeluarkan sedimen yang mungkin ada di dalam air.

Pemasangan filter shower air keras biasanya sangat mudah. Siapa saja bisa melakukannya dengan menggunakan kunci pipa dan seal tape. Pertama-tama,kepala shower lama harus dicopot, dan sealtape ledeng harus dipasang di sekitar drat di ujung pipa yang keluar dari dinding.

Filter shower air keras kemudian dipasang di ujung pipa tersebut. Pada umumnya filter shower mandi ini sudah memiliki kepala shower,tetapi jika tidak ada maka kepala shower lama harus disekrup pada filter.