Efek Air Keras pada Pipa yang Perlu Anda Waspadai

Air keras adalah air yang berisi sejumlah besar mineral terlarut. Salah satu mineral ini yaitu kalsium yang dapat terlarut dan membentuk suatu zat yang disebut kerak kapur. Efek utama dari air keras pada pipa adalah penumpukan kerak kapur di dalam pipa yang menyebabkan pasokan air berkurang atau bahkan terjadi penyumbatan.

Dalam beberapa kasus, mineral terlarut akan merusak pipa, membuat lubang kecil yang menyebabkan kebocoran dan kerusakan saluran air.

air keras pada pipa

Efek yang paling umum dari air keras pada pipa adalah menurunnya pasokan air dan yang paling nyata ada di keran dan shower. Seiring berjalannya waktu,penumpukan kerak kapur yang terjadi terus-menerus dalam pipa menyebabkan air berkurang dan sulit melewati pipa.

Keran akhirnya hanya mengeluarkan aliran air yang kecil sekali. Shower, bisa jadi hanya menetes bukan menyemprot atau menyembur. Kerak kapur juga dapat terbentuk dalam keran itu sendiri, yang dapat mengganggu mekanisme penutup dan menyebabkan keran menetes terus-menerus.

Dalam kasus yang lebih parah, pipa benar-benar tersumbat atau mampet. Kerak kapur terbentuk sampai menjadi sebuah plug padat,sehingga menghalangi air yang akan mengalir. Pembentukan kerak kapur lebih cepat dalam air hangat atau air panas,sehingga penyumbatan pipa lebih rentan terjadi pada pipa utama dari peralatan air panas.

Suhu air hangat di dalam pemanas air mempercepat pembentukan kerak kapur, dan pemanas air sangat rentan terhadap penumpukan kerak kapur. Untuk mengatasi hal ini bisa saja dengan melapisi elemen pemanas air, namun hal ini juga akan membuat peralatan tersebut kurang efektif dan menyebabkan pemanas menggunakan lebih banyak energi untuk memanaskan air.

Seringkali, efek air keras pada pipa tidak terlihat dan pemilik rumah tidak menyadari masalah ini sampai ada kerusakan besar. Mineral dalam air keras dapat mengikis pipa logam dan bisa menimbulkan kerusakan serius pada pipa dan bahkan pipa bisa berlubang.

Pipa pipa yang rusak dapat menjadi keropos dan rentan terhadap kegagalan untuk mengalirkan air.Lubang di pipa-pipa mungkin kecil, tetapi lubang kecil ini dapat berkembang di dalam dinding dan area lainnya yang tidak dapat diakses. Bocornya air secara terus menerus dari lubang-lubang kecil dapat terjadi selama beberapa waktu sampai pemilik rumah menyadari bahwa telah ada masalah.

Ada beberapa jenis peralatan rumah tangga yang mengolah air keras. Efek air keras pada pipa dapat diminimalisasi dengan menginstal salah satu perangkat ini untuk mengolah air sebelum memasuki sistem pipa rumah. Peralatan tersebut yaitu penjernih air dan sistem osmosis yang efektif untuk menghilangkan kalsium terlarut dari air keras.