Corbel untuk Dekorasi Bangunan dan Pendukung Struktur

Bagi Anda yang gemar mendekorasi rumah atau bangunan,tentu sudah pernah melihat dekorasi bangunan yang bernama “corbel”. Perlengkapan yang biasa digunakan untuk mempercantik rumah ini agak jarang diplikasikan karena proses pembutannya yang rumit. Namun sekarang ada yang sudah menyediakan Corbelkonsol siap pasang.

corbel

Dalam dunia arsitektur, definisi corbel adalah sebuah struktur yang terbuat dari batu, kayu atau logam yang terlihat menonjol dari dinding dan merupakan penopang tambahan bagi struktur diatasnya.Sedangkan konsol hanya berupa tempelan dekoratif tambahan pada struktur bangunan.

Kata corbel sendiri berasal dari bahasa Perancis Kuno yaitu “Corbellus latin” yang berarti convus (gagak) untuk dekorasi yang lazim dipakai pada struktur sejak jaman neolitik. Pada awalnya semua perlengkapan tambahan ini diukir langsung pada struktur bangunan, hal tersebut tentu membutuhkan keahlian khusus dan juga waktu yang sangat lama untuk membuatnya.

Namun sejak munculnya ide pembuatan corbel berupa konsol atau terapan, maka pemasangannya cukup dalam hitungan jam. Secara fungsi, konsol hanya bersifat dekoratif, untuk jenis bahannya sebaiknya disesuaikan dengan tema dari bangunan itu sendiri. Tapi bagi yang berani bereksperimen, segala pilihan berada di tangan Anda.

Harga sebuah Corbel bisa mencapai Rp.170.000-5.000.000 tergantung dari jenis bahan , ukuran dan detelnya. Untuk yang terbuat dari kayu akan jauh lebih mahal dibandiingkan dengan yang terbuat dari perunggu, besi maupun semen. Ini karena para perajin harus melakukan pahatan secara manual satu persatu . Sedangkan pada semen dan besi, mereka cukup menggunakan teknik cor pada cetakan sehingga memangkas waktu pembuatannya.

Corbel dari kayu bisa menggunakan bahan kayu berkualitas sampai dengan bahan bekas. Tentunya harga akan berbanding lurus dengan kualitas, ukuran dan detel ukuran.Untuk yang terbuat dari bahan besi, sebenarnya bisa digunakan juga sebagai pendukung dari struktur selain untuk fungsi dekoratif, namun harus dikonsultasikan dulu dengan ahlinya .

Bagi Anda yang akan menggunakan corbel dari semen (beton) dan batu, biasanya sudah langsung siap dipasang dengan variasi model dan ukuran yang berbeda-beda. Ada juga yang terbuat dari serat fiber dicampur bahan keras lainnya sehingga tidak terlalu berat namun tetap kuat.

Corbel sebenarnya bisa saja dibuat custom khususnya untuk yang jenis konsol yang sifatnya hanya dekoratif saja. Anda bisa mencari inspirasi terlebih dahulu lalu bicarakan ke perajin kayu atau besi maupun perajin batu untuk modelnya.

Tolong Di Share :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share