Coba Pilih Mana, Genteng Flat Beton atau Genteng Flat Keramik ?

Genteng merupakan bagian rumah yang terakhir kali dipasang saat pembangunan. Dalam perencanaannya genteng harus sesuai dengan konsep desain rumah dan sudah tentu dari segi budget juga harus sesuai kantong. Berikut ini sedikit ulasan tentang perbandingan antara genteng flat beton dengan genteng keramik yang merupakan genteng umum yang biasa digunakan masyarakat.

Genteng flat beton 

Genteng Flat Beton

Kelebihan dari genteng flat beton :

1. Genteng beton khususnya model tanah liat lebih cocok dengan desain minimalis. Hal ini dikarenakan bentuk dan desain genteng ini murni tanah liat.

2. Genteng beton memiliki tingkat presisi yang lebih baik, dikarenakan proses pembuatan genteng beton tidak mengalami pembakaran sehingga kemungkinan deformasi pada genteng sangat kecil, selain itu desain genteng ini memungkinan proses pemasangan lebih cepat

3. Harga genteng beton relatif lebih murah dibandingkan dengan genteng keramik, karena isi/ m2 genteng beton lebih sedikit dibandingkan genteng keramik.

4. Perbedaan harga, karena perbedaan warna genteng hampir tidak ada, hanya kualitas coating/ cat yang membedakan harga dari genteng beton, jadi kita dapat lebih fleksibel menyesuaikan warna dengan selera kita tanpa mengganggu budget awal.

Kekurangan dari genteng flat beton :

1 . Warna genteng beton mungkin tidak sekuat warna genteng keramik berglazur, karena genteng beton umumnya mengalami pewarnaan dengan menggunakan cat minyak atau coating. Namun cat CISANGKAN menghasilkan coating yang tahan lama, dengan kontrol kualitas cat dan warna.

2. Genteng beton juga lebih mudah atau rentan terhadap korosi untuk pemakaian jangka panjang, apalagi jika coating/ catnya sudah terkelupas, hal ini akan berpengaruh pada beban atap pada saat hujan karena pada kondisi ini daya serap genteng terhadap air sangat tinggi

3. Genteng beton lebih berat dibandingkan genteng keramik.

Genteng flat keramik

Genteng Flat Keramik

Genteng keramik juga memiliki beberapa karakteristik yang dapat dijadikan pertimbangan Anda.

Kelebihan Genteng Keramik :

1.Genteng keramik memiliki kelebihan dari warna yang lebih tahan lama. Ini karena proses glazur pada genteng keramik dilakukan dengan proses pembakaran yang bisa mencapai 1200 deralat celcius.

2. Genteng keramik relatif lebih ringan dibandingkan dengan genteng beton.

Kekurangan Genteng Keramik :

1. Genteng keramik memiliki ukuran dan bentuk yang tidak selalu presisi. karena proses pembuatannya melalui proses pembakaran.

2. Harga per-m2 genteng keramik relatif tinggi dibanding genteng beton.

3. Perbedaan pilihan warna pada genteng keramik berpengaruh pada harga. Untuk warna premium perbedaannya hampir dua kali lipat dari harga warna natural, sehingga selera atas warna harus disesuaikan dengan budget.

4. Pemakaian genteng keramik per-m2 lebih banyak dari pada genteng beton.

5. Untuk model minimalis atau flat tidak ada pilihan yang benar- benar flat, ini karena belum banyak produsen yang memproduksinya.

Tolong Di Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •