Cara Terbaik Menerapkan Waterproof Lantai untuk Mencegah Kerusakan

Mengaplikasikan waterproof lantai adalah cara terbaik untuk melindungi lantai dari kerusakan, terutama di area dapur, kamar mandi dan di depan entranceways. Air bisa meresap ke dalam lantai dan menyebabkan  cekungan, retak atau cetakan yang mengembang.

Beberapa jenis lantai seperti linoleum secara alami tahan terhadap air, tetapi untuk lantai jenis lain seperti kayu, ubin keramik, dan laminasi harus diberi waterproof. Ada berbagai cara untuk mengaplikasikan waterproof lantai, tergantung pada materi yang dibuat.

Waterproof Lantai

Lantai kayu dapat menambah keindahan dan keanggunan rumah, tapi sayangnya jenis lantai ini juga mudah rusak oleh air. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengaplikasikan waterproof ke lantai yang terbuat dari kayu.

Sebelum kayu dipasang, subfloor harus ditutup dengan aspal, ini juga dikenal sebagai penghalau kelembaban yang berguna untuk melindungi kayu dari kelembaban yang terbentuk di bawah rumah. Lantai kayu yang baru dipasang atau yang sudah ada bisa diberi waterproof dengan menerapkan sealant.

Sealant biasanya terdiri dari campuran polyurea poliuretan.Karena sealant ini bisa membuat warna kayu jadi berubah jika diterapkan secara tidak benar,maka dianjurkan bahwa prosedur ini dilakukan oleh seorang profesional.

Lantai keramik adalah sebuah lantai yang cukup populer, yang biasanya ditemukan di dapur dan kamar mandi. Untuk mengaplikasikan waterproof ke lantai yang terbuat dari keramik adalah pekerjaan yang sangat mudah. Jika lantai belum terpasang, cara terbaik adalah dengan meletakkan papan tahan air pendukung diatas subfloor. Sehingga apabila ada sepotong keramik retak dan terkena air, subfloor tidak ikut rusak.

Setelah keramik terpasang, atau keramik memang sudah ada sebelumnya ,membran pembentuk sealant harus diterapkan. Selain untuk melindungi lantai dari kerusakan air, ini juga akan mencegah nat terkena kotoran.

Laminasi adalah lantai yang cocok untuk rumah yang terletak di daerah yang memiliki kelembaban tinggi, karena lantai ini biasanya sudah dilengkapi dengan pelindung waterproof. Sama seperti pada lantai kayu, pelindung kelembaban harus aplikasikan sebelum menginstal lantai untuk melindungi bagian bawah laminasi.

Polyurethane sealant bisa juga diterapkan untuk memberikan waterproof  lantai. Sealant laminasi lantai biasanya dijual di toko-toko bahan bangunan. Bahan ini bisa diterapkan dengan dua sampai empat lapisan menggunakan pel standar.

Meskipun lantai telah diwaterproof, bisa saja waterproof tersebut tidak dapat menahan genangan air .Oleh karena itu apabila ada tumpahan air sebaiknya segera dibersihkan. Karpet harus diletakkan di entranceways atau di depan wastafel dan bathtub untuk menyerap air agar tidak membuat lantai basah.