Cara Merawat Perabot Ukiran Agar Tetap Terlihat Mengkilap

Perabot ukiran hadir dengan berbagai macam tipe dan bahan, namun pada umumnya terbuat dari kayu. Walaupun saat ini perkembangan teknologi semakin modern, sebagian perabot ukiran tetap dilakukan menggunakan tangan atau hand made oleh pengrajin. Hal inilah yang membuat nilai ukiran menjadi sangat tinggi. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika kita tidak merawatnya secara rutin agar nilainya tetap tinggi.

Perabot Ukiran

Merawat Perabot Ukiran

Bagi Anda pecinta nuansa klasik, memiliki perabot dengan detel ukiran pasti jadi pilihan menarik.Ukiran pada bidang tertentu membuat furniture lebih terlihat mewah dan klasik. Tak hanya pada mebel, pigura foto, bingkai cermin, vas bunga bahkan asbak juga bisa memiliki ornamen unik.

Membersihkan dan merawat perabot ukiran memang lebih ribet dibandingkan furniture minimalis. Apalagi detel ukiran pada perabot ukiran merupakan tempat berkumpulnya debu dan kotoran. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada tips untuk perawatan mebel ukiran yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini tips-tipsnya :

Gunakan Kuas Kecil

Bersihkan sela-sela ukiran dengan menggunakan kuas halus berukuran 1 inci atau 1/2 inci. Biasanya, di bagian inilah jamur dan debu sering menempel. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lap, terutama pada bentuk ukiran yang berlekuk. Sapukan kuas dengan halus sampai bersih. Jika menggunakan cairan pembersih khusus mebel, semprotkan pada permukaan mebel dan biarkan mengering sendiri.

Gunakan Minyak Kemiri

Untuk mebel ukir berwarna jelas, Anda bisa menggunakan kemiri. Caranya yaitu, bakar 5 biji kemiri hingga keluar minyak. Lalu, bungkus dengan kain kasa. Hancurkan kemiri dengan cara ditumbuk-tumbuk. Apabila Anda lebih suka dengan cara yang lebih mudah, belilah cairan minyak kemiri di toko khusus yang menjual perawatan mebel. Gosok mebel dengan minyak kemiri tersebut. Kemudian angin-anginkan hingga mebel mengering sendiri.

Sikat Dengan Semir Sepatu

Untuk mebel ukiran berwarna gelap, Anda bisa memanfaatkan semir sepatu. Gosok ukiran dengan semir sepatu. Kemudian angin-anginkan perabot Anda sampai benar-benar kering. Alhasil, furniture ukiran akan kembali mengkilap.

Perhatikan juga jenis material kayunya. Jika perabot ukiran terbuat dari kayu mentah, bersihkan permukaan kayu dengan kuas. Gunakan lap bersih untuk meratakan sisa cairan pembersih pada permukaan kayu. Biarkan hingga kering selama 1-2 jam.

Hal yang paling penting adalah, hindari mengelap perabot menggunakan air,karena ini akan meninggalkan warna kusam pada perabot ukiran Anda. Bersihkan perabot Anda secara rutin setiap hari agar selalu terlihat mengkilap dan kinclong.

Bagikan :