Cara Mengatasi Rumah Pengap dan Tak Nyaman Tanpa AC

Rumah pengap tentu membuat tak nyaman dan udara pun jadi tak segar. Apakah Rumah Anda pengap? Jangan berkecil hati karena kita bisa mengatasi rumah pengap dengan cara dan alat sederhana di bawah ini.

Ada beberapa cara mengatasi rumah pengap dengan beberapa cara sederhana. Cara yang mudah dan tak perlu mengeluarkan biaya tinggi tersebut antara lain :

Mengatasi Rumah Pengap

Bubuk Kopi

Pengap tak hanya disebabkan karena udara yang tak baik, tapi juga karena bau yang tak sedap dari dalam rumah. Kita bisa menggunakan kopi untuk mengatasi rumah pengap yang disebabkan oleh bau-bauan yang membuat pengap seisi rumah. Caranya, ambil bubuk kopi tersebut dan tuang di beberapa wadah keci. Usahakan bubuk kopi tersebut bukan dari bubuk kopi kemasan atau kopi instan.

Lalu, simpan wadah kecil itu di setiap sudut rumah. Biarkan bubuk itu selama 6 jam, setelah itu baru angkat. Bubuk kopi diyakini mampu menyerap bau tak sedap.

Tanaman

Tanaman diyakini mampu memberikan udara segar di dalam rumah. Oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis pada tanaman dijamin membuat ruangan terasa lebih sejuk di siang hari. Tentunya, tanaman yang dipilih mestilah serasi dengan ruangan.

Namun yang perlu diingat, meskipun tanaman baik ditaruh di dalam rumah, sebisa mungkin pada malam hari tanaman tetap harus dikeluarkan. Soalnya, pada siang hari tanaman mengeluarkan O2 atau oksigen, sedangkan pada malam hari mengeluarkan CO2 atau karbondioksida. Nah, bisa dibayangkan kalau pada malam hari ada tanaman di dalam ruangan, tentu rumah akan menjadi pengap.

Exhaust Fan

Alternatif lain ialah pemasangan exhaust fan. Alat ini diyakini mampu mengurangi pengapnya ruangan. Sistem kerja alat ini untuk mempercepat pergantian udara pengap ke udara segar dari luar rumah. Bila kita memilih untuk memakai exhaust fan di rumah, pastikan ventilasi udara ruangan cukup baik, karena tanpa ventilasi udara fungsi exhaust fan tidak akan maksimal.

Cat Interior

Cat rumah sangat berpengaruh agar rumah tidak terkesan  pengap. Pilihlah cat dengan warna-warna pastel agar rumah terkesan sejuk. Jangan memilih cat rumah dengan warna-warna berani seperti merah, oranye dan lain-lain. Selain itu, hindari juga cat rumah dengan warna gelap seperti, hitam, abu-abu, dan cokelat.

Furnitur kayu solid

Unsur kayu solid bisa memberikan nuansa alami dan segar di dalam rumah kita. Agar rumah tak terkesan pengap, kita bisa mengganti furnitur di rumah dengan berbahan kayu solid. Misalnya, kursi tamu, lemari utama, meja makan dan masih banyak lagi. Kayu solid sendiri terdiri dari berbagai macam jenis antara lain jati, sungkai, mahoni, kamper, sonokeling, kayu kelapa dan lainnya.

Cermin

Penggunaan cermin dapat meminimalisir pengap di rumah kita. Seperti yang kita ketahui, salah satu kondisi yang membuat rumah pengap adalah terlalu banyaknya penggunaan furnitur di dalam ruangan. Dengan adanya cermin yang ditaruh di dinding rumah, otomatis memberikan efek lapang. Hasilnya, rumah tak lagi terasa pengap.

Konsep ini disebut juga dengan skylight. Kita juga tidak membutuhkan cahaya lampu yang banyak karena ada pantulan cermin yang membuat terang. Skylight juga dapat memberi kekuatan untuk menghadirkan dimensi yang luas dan terang di sebuah ruang. Sebelum ada listrik, cermin dan kaca banyak diletakkan di belakang lampu untuk lebih membantu menerangi ruangan. Foyer dan ruang makan adalah tempat favorit untuk meletakkan cermin.

Salam Kreatif !