Cara Memilih Sealer Batu Alam Terbaik Sesuai dengan Jenis Batunya

Memilih sealer batu alam,berkaitan erat dengan jenis batu alam dan penggunaannya.Ada dua tipe sealer batu alam yang bisa Anda plilih yaitu sealer topikal dan sealer penetrasi.Kedua jenis sealer ini mungkin mengandung aditif khusus untuk mengubah warna batu atau penampilannya.

Sealer topikal biasanya digunakan untuk memoles dan melindungi permukaan batu berpori seperti batu gamping dan batu tulis. Sedangkan sealer penetrasi biasanya bekerja dengan baik pada batu-batu yang kurang berpori seperti granit dan marmer.

Sealer Batu Alam

Memastikan jenis batu yang Anda miliki adalah langkah pertama dalam memilih sealer batu alam. Pola-pola urat di batu biasanya menunjukkan beberapa jenis marmer. Batu kasar dan keras dengan penampilan kristal kemungkinan adalah granit.

Formasi fosil biasanya ditemukan di batu-batu yang lebih lembut seperti batu gamping. Batu-batu sabak biasanya memiliki permukaan yang berdebu dan rapuh.

Sealer batu alami topikal biasanya terdiri dari akrilik atau urethane yang mengeras dan menciptakan penghalang dan pelindung terhadap air dan minyak. Sealer topikal bisa menjadi cukup licin ketika batu dalam kondisi basah sehingga aditif anti slip khusus mungkin diperlukan untuk aplikasi kamar mandi dan dapur.

Menerapkan sealer jenis ini biasanya menghasilkan penampilan mengkilap pada permukaan batu. Permukaan mengkilap yang dihasilkan oleh sealer topikal bisa digosok menjadi gloss tinggi jika diinginkan.

Sealer topikal juga memiliki kecenderungan untuk menggelapkan permukaan batu dan umumnya merubah finishing alamnya. Finishing yang dihasilkan oleh sealer topikal cenderung memudar dengan cepat di daerah lalu lintas tinggi dan biasanya pelapisan ulang mungkin diperlukan.

Pelindung lapisan juga sering menunjukkan tanda lecet lecet dan goresan dari bekas telapak kaki. Sealer batu alam jenis ini biasanya memerlukan perawatan lebih daripada sealer penetrasi dan mungkin akan memerlukan pelapisan kembali setiap enam bulan.

Sealer penetrasi biasanya sama sekali tidak akan mempengaruhi penampilan batu. Sealer penetrasi tidak akan membuat permukaan batu menjadi luntur seperti sealer topikal dan umumnya tidak terlalu memerlukan perawatan.

Sealer penetrasi bekerja di bawah permukaan untuk melindunginya dari kerusakan minyak dan air. Jenis sealer ini tidak melindungi permukaan batu dari goresan dan lecet yang disebabkan oleh bekas telapak kaki. Pembersih khusus mungkin diperlukan jika menggunakan sealer jenis ini.

Jenis sealer batu alam yang Anda pilih sangat berkaitan dengan finishing yang Anda inginkan. Finishing mengkilap yang dihasilkan oleh sealer topikal biasanya menawarkan perlindungan terbaik secara keseluruhan untuk batu-batu yang lembut dan berpori di tempat-tempat yang berlalu lintas tinggi.

Sealer penetrasi umumnya menawarkan jenis perlindungan terbaik untuk batu keras dan padat seperti marmer dan granit. Sealer penetrasi dan topikal tersedia dengan warna khusus untuk menegaskan warna alami dari batu.

Tolong Di Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •