Cara Memilih Lantai Tegel yang Berkualitas dan Sesuai Ruangan

Nuansa keindahan pada rumah tak hanya datang dari motif modern,tapi ternyata sentuhan motif klasik juga bisa menghadirkan kesan tersendiri.Kata klasik identik dengan kesan tua dan tak menarik.Namun siapa sangka ditengah maraknya tren minimalis saat ini,item klasik menjadi salah satu tren interior rumah.Saat ini tren klasik yang terjadi pada bahan penutup lantai adalah lantai tegel.

Lantai Tegel

Lantai tegel memiliki banyak jenis dan motif.Keragaman motif dan jenisnya yang unik membawa kesan mewah tersendiri.Tegel motif klasik saat ini cenderung lebih populer dan menjadi primadona.Selain restoran,butik dan hotel,tegel motif juga banyak digunakan pada hunian di kota-kota besar di Indonesia.

Selain di Indonesia,tren penggunaan tegel motif juga terjadi di beberapa negara.Hal ini dipaparkan oleh salah satu produsen tegel Indonesia yang memiliki pasar Internasional di Belgia,Belanda,Amerika Serikat,Perancis,Jerman dan Italia.

Sebelum memilih lantai tegel,sangat penting untuk memperhatikan kualitas tegel.Tegel yang berkualitas baik,jika digosok dengan sikat kawat tidak akan meninggalkan luka gores parah.Tekstur halus dan berpori-pori kecil,serta tidak cepat kering saat terkena air juga menjadi ciri khas tegel yang berkualitas baik.

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah karakteristik dan fungsi ruangan.Untuk pemasangan eksterior,tipe tegel yang tahan terhadap perubahan cuaca akan lebih cocok.

Agar rumah tidak terkesan sangat kuno maka penggunaan tegel klasik untuk interior sebaiknya pada tempat-tempat tertentu saja yang memerlukan perhatian khusus seperti tempat sholat,teras dan ruang keluarga.

Permainan warna dan jenis tegel yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap suasana rumah.Misalnya,jika rumah sudah terlihat asri dimana lingkungan sekitar sudah banyak tanaman maka sebaiknya tegel yang digunakan berwarna kuning agar terkesan lebih hangat.

Pencahayaan juga berbengaruh dalam pemilihan tegel.Agar ruangan terkesan bersih dan lapang,lantai yang putih dan bertekstur sangat tepat digunakan.Untuk memberi kesan lebih hidup pada ruangan yang redup lebih cocok menggunakan tegel bertekstur gelap.