Sarana Bangunan

Informasi Bahan Bangunan

Cara Membuat Garasi Menjadi Ruangan Tambahan yang Nyaman dan Cantik

Garasi di masa lalu sering dikaitkan dengan kata kotor, minyak dan oli. Namun dengan berkembangnya seni arsitektur modern, membuat garasi yang lebih nyaman untuk digunakan oleh pemilik rumah bukan sesuatu yang mustahil.

Garasi yang tertata dengan baik, dengan rak-rak yang juga tertata rapi tentunya akan lebih nyaman dan sedap dipandang mata. Apabila garasi Anda masih terlihat berantakan, tidak ada salahnya bila Anda segera memutuskan untuk membuat garasi agar menjadi lebih nyaman.

Membuat Garasi

Garasi berfungsi sebagai tempat menyimpan kendaraan agar terhindar dari pencuri dan juga panas dan hujan. Ukuran garasi tentu harus lebih besar dari ukuran mobil yang akan ditempatkan ditambah ruang untuk kenyamanan keluar masuk dari penggunanya.Sehingga bila dilihat lebih teliti, garasi juga merupakan ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Garasi yang baik tentunya harus memenuhi unsur fungsional serta desain yang memadai agar lebih nyaman dan ramah lingkungan. Ini mencakup sirkulasi udara yang baik, kebersihan, terhindar dari debu serta cukup terang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila Anda memutuskan untuk membuat garasi yang nyaman antara lain :

Konsep Garasi

Amatilah sekeliling garasi Anda, kira-kira bagian mana saja yang perlu dimaksimalkan atau bagian mana saja yang perlu dialihfungsikan. Putuskan dengan seksama apakah mau merombak sekaligus atau sebagian dulu. Apapun cara yang ingin digunakan pastikan tetap sesuai konsep.

Carilah inspirasi melalui majalah, internet atau bahkan tanya seorang arsitek untuk membantu dalam proses desain yang disukai dan putuskan dengan seksama. Ini perlu dilakukan karena setiap penambahan atau perubahan pasti akan berhubungan erat dengan masalah biaya.

Langkah Persiapan

Sebelum merubah apapun pada garasi Anda, ada beberapa hal sederhana yang perlu dilakukan untuk membuat garasi yang nyaman yaitu :

1.Menata barang yang ada

Sortirlah barang-barang dalam beberapa kategori. Contohnya, untuk beragam kunci pas, obeng dan lainnya masuk kategori perkakas yang ditaruh dalam kotak atau tempat yang sudah dipersiapkan. Senter, tali, kabel cadangan masuk kategori utilitas dan lain sebagainya.Taruhlah barang yang sering digunakan di posisi yang paling luar agar mudah dicari. Singkirkanlah barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi untuk menghemat ruangan.

2. Memersihkan interior garasi

Bersihkan mulai dari tembok sampai dengan lantai adalah langkah wajib yang harus dilakukan untuk mendapatkan penyegaran pada garasi. Hilangkanlah istilah pojok yang tidak terjangkau dan berdebu dari garasi Anda.Bila ada jendela dan rolling door, bersihkanlah untuk mendapatkan suasana yang fresh.

Memulai Perubahan

1. Lantai

Langkah yang paling mudah dilakukan untuk lantai adalah dengan cara memoles ulang dengan obat poles lantai dengan epoxy sehingga mengkilap lebih lama dan tahan terhadap gesekan ban, tumpahan oli, minyak atau bensin. Langkah lain yang lebih makan biaya adalah dengan mengganti ubin secara menyeluruh.

2. Tembok

Berilah warna baru yang lebih menggambarkan semangat atau bernuansa otomotif untuk garasi Anda. Siapkan beberapa bagian sebagai tempat untuk rak dan hock untuk peralatan dan perkakas milik Anda.

3.Sirkulasi udara

Siapkan ventilasi yang cukup berupa jalusi atau jendela kecil diatas.Bila perlu dan memungkinkan pasanglah exhaust fan untuk memastikan tidak ada sisa karbon monoksida di garasi demi menciptakan suasana sejuk di garasi.

4. Penempatan barang

Selalu posisikan kendaraan di dalam garasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menaruh rak dan tempat perkakas lainnya. Pastikan nantinya Anda bisa dengan mudah membuka semua pintu mobil sampai  dengan bagasi sehingga Anda tidak menemui kesulitan untuk melakukan semua aktifitas di garasi.

Setelah itu baru posisikan rak-rak tersebut di tempat-tempat yang strategis sehingga semua bagian ruangan bisa dimanfaatka secara maksimal. Jangan lupa untuk menempatkan beberapa kursi untuk orang-orang di rumah ketika Anda sedang mengurus kendaraan di garasi.

5. Pencahayaan

Gunakan lampu tembak dan halogen untuk garasi Anda . Dengan pencahayaan yang indah dan tertata rapi, hal inilah yang akan membuat garasi sebagai sebuah ruang untuk hang out dan bersenang-senang bersama keluarga.

Hal yang membuat garasi tampak seperti gudang tidak terpakai adalah kotor, pengap, bau oli, bau bensin dan gelap. Padahal dengan garasi, kita bisa mendapatkan ruangan yang nyaman untuk merawat mobil sambil bercengkrama dengan keluarga.

Tolong Di Share :
Updated: —
Sarana Bangunan © 2012