Cara Membersihkan Kerak Kalsium dengan Bahan Alami

Anda bisa membersihkan kerak kalsium dengan menggunakan produk pembersih yang tersedia di toko material atau toko ritel lainnya. Produk ini biasanya mengandung sekuestran yang merupakan zat yang dapat menonaktifkan mineral.

Jika Anda tidak ingin menggunakan jenis produk pembersih, Anda juga bisa menggunakan pemutih untuk membersihkan noda. Cuka putih juga bisa merontokkan kalsium, dan sangat berguna untuk membersihkan cangkir kopi dan pipa.

Membersihkan Kerak Kalsium

Untuk membersihkan kerak kalsium dari keran menggunakan cuka caranya adalah dengan merendam waslap ke dalam cuka kemudian diikatkan ke sekitar keran. Bisa dengan memasukan cuka ke dalam kantong plastik yang diikatkan ke keran.

Setelah beberapa jam, kantong plastik atau kain bisa dilepas. Jika ada kerak yang tersisa,ini bisa dihilangkan dengan sikat gigi. Menuangkan cuka ke saluran air, bersama-sama dengan baking soda, lalu membilasnya dengan air secara menyeluruh juga bisa membersihkan kerak kalsium dalam pipa.

Cuka dan air bisa dimasukan ke dalam ketel teh dan dibiarkan selama semalam. Anda juga bisa menuangkan cuka murni dalam ketel, didihkan selama beberapa menit, dan kemudian bilas secara menyeluruh setelah itu didinginkan.

Cuka juga bisa digunakan untuk merontokkan kerak kalsium dari coffee maker dengan menuangkannya ke dalam water reservoir, yang memungkinkan  coffee maker untuk menyeduh, dan kemudian mengulangi siklus dengan air biasa setidaknya dua kali untuk membilas cuka yang tersisa.

Jus lemon juga bisa digunakan sebagai pengganti cuka. Anda juga bisa menggunakan pemutih untuk menghilangkan beberapa noda.Tetapi jika Anda menggunakan pemutih, sebaiknya segera membilasnya agar tidak merusak permukaan barang yang dibersihkan.

Untuk noda yang tidak dapat dibersihkan dengan cuka, sebaiknya gunakan produk pembersih yang dijual di toko. Pembersih ini biasanya memiliki semacam asam di dalamnya yang dapat menghilangkan kerak kalsium. Asam fosfat, misalnya, digunakan dalam beberapa produk yang digunakan untuk menghilangkan noda air keras.

Setelah Anda membersihkan kerak mineral, bisa saja kerak tersebut akan kembali lagi. Endapan kalsium disebabkan air yang mengandung mineral dalam jumlah tinggi didalam keran, yang tetap menempel di permukaan keran setelah air menguap.

Noda ini harus dibersihkan dengan cepat karena semakin lama mineral dibiarkan maka semakin timbul ke permukaan, dan semakin sulit dibersihkan. Beberapa orang juga biasanya ada yang menggunakan penjernih air untuk membantu mencegah penumpukan awal noda kalsium.