Memahami Gambar Denah untuk Menentukan Tata Ruang Bangunan

Gambar denah adalah gambar yang menunjukan tata letak ruang pada bangunan rumah.Gambar itu mewakili keseluruhan tata ruang dan tata letak bangunan rumah sesuai dengan keinginan calon pemilik rumah.Pada gambar tersebut Anda seolah-olah melihat bangunan dari atasĀ  tanpa terhalang oleh atap bangunan.Gambar dibuat dengan sekala 1:100 maksudnya setiap 1 cm dalam gambar tersebut mewakili 100 cm(1 m) di lapangan.

Gambar Denah

Pada gambar denah sudah terdapat nama ruang,tata letak pintu,jendela serta ukuran masing-masing ruangan.Gambar ini juga biasanya dilengkapi dengan elevasi atau ketinggian lantai dengan statusĀ +0.00 misalnya,yang berarti lantai ini berada pada ketinggian dasar bangunan lantai.

Gambar denah memiliki peranan sangat penting dalam menghitung volume bangunan rumah yang akan dibangun.Melalui gambar inilah akan ditentukan konfigurasi ruangan dan melaui inilah juga akan ditentukan penampilan bangunan rumah.

Pada gambar denah akan muncul ukuran panjang bangunan total sebagai acuan dalam pekerjaan lapangan.Oleh sebab itu gambar tersebut memiliki peranan penting dalam pekerjaan konstruksi bangunan.Disamping tata ruang bangunan, gambar ini juga dibuat untuk pondasi,sloof,balok,atap dan sebagainya.

Melalui gambar denah ini kita dapat menghitung bagian tertentu bangunan seperti panjang bangunan total,panjang pondasi,panjang sloof, jumlah kolom ( tiang ) utama dan kolom praktis,panjang pasangan bata,jumlah pintu,jumlah jendela dan angin-angin,luas plafon,,jumlah peralatan kelistrika,jumlah peralatan kamar mandi ( kloset,wastafel,bak mandi,kran ) dan lain-lain.

Gambar denah disamping memiliki peranan penting dalam proses pembangunan juga menjadi paling utama dalam proses pengurusan perizinan.Melalui gambar inilah akan ditentukan luasan bangunan dan sebagai acuan dalam menghitung besarnya biaya perizinan.

Jika Anda menggunakan biro jasa pembuatan gambar maka besar pembayaran biasanya ditentukan oleh luas bangunan yang digambar dan luas bangunan dihitung berdasarkan ukuran dalam gambar yang dibuat.