Beton Pracetak, Material Bangunan yang Berkualitas dan Praktis

Dalam mendukung segala usaha percepatan pembangunan baik jangka panjang maupun jangka pendek, tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dan juga ketersediaan material bangunan yang berkualitas, konsisten dan praktis. Salah satu material bangunan yang dapat mendukung usaha tersebut adalah beton pracetak.

beton pracetak

Beton pracetak atau precast concrete adalah suatu metode percetakan material bangunan yang dikerjakan menggunakan mesin di pabrik atau workshop dengan memberi waktu pengerasan dan mendapatkan kekuatan sebelum dipasang. Sesuai namanya, beton kokoh dan praktis ini sudah jelas menunjukan bahwa komponen struktur beton tidak dicetak atau dicor di tempat pemasangannya.

Beton pracetak akan dipasang sebagai komponen jadi dan sudah siap pasang dan disambung dengan bagian struktur lainnya menjadi struktur utuh sebagai satu kesatuan.Karena proses pengecorannya dilakukan di tempat khusus maka mutunya dapat terjaga dengan baik.

Sistem beton pracetak bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan material bangunan jaman now. Sistem ini melakukan pengecoran komponen di tempat khusus di permukaan tanah lalu dibawa ke lokasi proyek untuk disusun menjadi suatu struktur utuh.

Berbagai macam beton pracetak yang diproduksi di Indonesia antara lain :

1. Balok pracetak

Salah satu beton pracetak yang pertama kali diproduksi dan digunakan di Indonesia adalah balok pracetak. Material ini biasanya digunakan untuk pembuatan sarana infrastruktur khususnya jembatan maupun jalan layang.

2. Dinding pracetak

Dinding panel pracetak saat ini sudah banyak digunakan untuk gedung-gedung modern. Dalam perkembangannya dinding pracetak ini digunakan untuk menggantikan dinding-dinding bata sebagai penutup kulit luar gedung. Dinding pracetak dinilai lebih praktis dalam pemasangannya dan lebih konsisten baik kualitas maupun kekuatannya.

3. Pagar pracetak

Pagar pracetak adalah jenis pagar yang materialnya berupa panel beton dan kolom beton yang dibuat secara massal di pabrik, memiliki ukuran standar dan bentuknya kokoh. Pagar beton pracetak ini diproduksi untuk mempermudah masyarakat dalam membuat pagar yang kokoh dan lebih cepat pemasangannya.Pagar beton pracetak sering disebut juga sebagai pagar panel beton.

4. Lantai pracetak

Struktur plat lantai pracetak adalah sistem pembuatan plat dengan metode yang 100 persen pracetak. Beton dicetak terlebih dahulu kemudian dipasang di lokasi proyek. Sistem ini dinilai banyak pihak sebagai sistem tercepat dan paling praktis dibandingkan metode lainnya.

Tolong Di Share :
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares