Berbagai Macam Jenis Kanopi dan Manfaatnya untuk rumah Anda

Kanopi tak hanya membuat rumah teduh, namun juga menjadikan rumah tampak cantik. Salah satu permasalahan rumah dengan ukuran tak terlalu besar adalah kurangnya lahan. Hal ini bisa diakali dengan memasang kanopi atau atap tambahan di teras rumah.

Dengan adanya kanopi, Anda akan terbebas dari panas dan guyuran air hujan. Salah satu tempat favorit yang bisa dipasang kanopi adalah halaman. Biasanya untuk rumah-rumah yang ukurannya kecil, bisa memasang kanopi untuk ruangan tambahan rumah.

Jenis Kanopi

Kanopi ini bisa juga dijadikan garasi, sehingga Anda tak lagi harus memasukkan mobil ke garasi dalam rumah, karena bisa mempersempit rumah. Cukup taruh saja di halaman, karena ada kanopi yang akan melindungi mobil Anda dari cuaca yang tidak bersahabat.

Anda juga bisa berkreasi dengan kanopi. Saat ini pilihan desain atau jenis kanopi sangat beragam. Anda bisa memilih mulai dari corak, warna, hingga bentuk yang unik. Cara lain yang bisa diterapkan adalah, menambahkan ornamen kayu pada kanopi. Atap kanopi tersebut diganti dengan bilah-bilah jati. Agar kayu tak termakan cuaca, kanopi bisa dilindungi oleh material lain di bagian atasnya. Bisa dengan akrilik atau polikarbonat, yang penting bisa meneruskan cahaya matahari ke bawah.

Prinsip desain kanopi seperti ini bisa mengurangi konsumsi listrik, karena kanopi tetap terang di siang hari tanpa perlu menyalakan lampu. Selain itu, efek bayangan yang ditimbulkan ketika matahari bersinar terang mampu memperindah suasana. Agar lebih cantik, tambahkan sebuah lampu di tengah yang dibungkus dibungkus dalam kotak kayu bergaris vertikal. Lampu ini bukan untuk menerangi, melainkan hanya aksesori. Sehingga kanopi tampak lebih eksotik.

Pada saat pemasangan kanopi biasanya akan ada beberapa masalah yang kita temui, di antaranya adalah masalah kebocoran. Untuk itu, pastikan si penjual kanopi memberikan garansi paling tidak 5 bulan setelah pemasangan. Hal ini untuk memastikan kualitas kanopi bagus.

 Jenis-Jenis Kanopi

1. Kanopi Polikarbonat

Jenis kanopi ini memiliki ciri tembus sinar matahari, sehingga sangat cocok untuk kanopi balkon sebagai media untuk menjemur pakaian namun tidak terkena hujan. Kekurangan bahan polikarbonat adalah tak bisa menahan rasa panas. Selain itu, harus rajin dirawat, bila tidak akan terlihat kotor oleh debu dan jamur setelah melewati waktu yang lama.

2. Kanopi Membran

Kanopi ini tersedia banyak pilihan warna. walaupun lebih tipis, membran tidak mudah robek bahkan dalam kondisi cuaca yang cukup ekstrim sekalipun. Namun bahan ini dibanderol cukup tinggi sekitar Rp. 700 ribu per meternya.

3. Kanopi Zinckalum

Jenis kanopi zincalum merupakan material mirip seng yang terbuat dari baja ringan dan bertekstur. Walaupun bahan seng namun ruang di bawahnya tidak memberikan efek panas, bahkan cukup terasa sejuk. Ketebalan zincalum sekitar 1.6 mm, memiliki daya tahan lebih kuat dan air tidak mudah menempel karena kesat, sehingga tidak mudah kotor oleh jamur maupun debu.

4. Kanopi Kaca

Jenis kanopi ini membuat rumah terlihat lebih mewah. Namun pemasangannya tidak semudah yang dibayangkan. Jenis bahan penutup kanopi kaca yang digunakan memiliki ketebalan 8-10 mm. Risiko menggunakan atap kaca cukup signifikan, yaitu ketika terjadi bencana alam seperti gempa, atap kanopi kaca ini akan pecah dan efek pecahan kacanya pun sangat berisiko.

Cara Memilih Kanopi

Bila ingin mengaplikasikan kanopi pada jendela atau pintu, ukurlah terlebih dahulu jendela tersebut, Ukuran kanopi harus lebih lebar dari jendela atau pintu. Logikanya, semakin lebar kanopinya, maka jendela dan pintu akan semakin terlindungi.

Disarankan memiilih atap kanopi dari polikarbonat agar tidak mudah pecah saat dipasang. Namun pilihan kembali kepada Anda, mau menggunakan atap jenis mana yang paling cocok untuk rumah Anda. Pilih konstruksi kanopi yang anti karat.

Bila tiang-tiang mudah berkarat, kanopi tak lagi enak dipandang. Agar kanopi terlihat cantik, sebelum membeli, cocokkan dulu dengan bentuk dan ukuran rumah. Misalnya, rumah modern akan lebih bagus memakai kanopi sederhana tanpa banyak corak. Hal ini untuk mengimbangi dengan nuansa rumah. Untuk memperindah kehadiran kanopi, tambahkan cahaya dengan menggunakan lampu di bagian bawah yang menghadap pintu atau jendela. Selamat Mencoba.

Bagikan :