Bay Window, Jendela Nyaman untuk Bersantai yang Menjorok Keluar

Pernahkah Anda membayangkan sedang duduk di jendela yang sedikit menjorok keluar sambil memandang suasana luar sembari menyeruput kopi atau teh ? Atau membaca buku kesukaan sambil menikmati pagi dtemani sinar mentari yang hangat dan nyaman. Jendela yang nyaman untuk tempat bersantai inilah yang disebut sebagai Bay Window.

Bay Window

Bay Window adalah jenis jendela yang menjorok keluar.Daya tarik model jendela ini adalah bentuknya yang menjorok keluar, sehingga ruangan akan terlihat menjadi lebih luas dari sebenarnya.Fungsi jendela ini sebenarnya hampir sama dengan jendela pada umumnya.Hanya saja Bay Window mampu memberikan pandangan ke luar yang lebih luas dan memiliki area lebih yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan misalnya untuk ruang duduk mini.

Untuk aplikasinya bay window membutuhkan tambahan konstruksi untuk menyangga jendela yang menjorok keluar.Tambahan konstruksi tersebut dapat dibuat dari berbagai bahan atau material misalnya dari kayu atau beton. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila Anda tertarik untuk membuat bay window yaitu :

Desain dan perencanaan

Ada baiknya rencanakan sejak awal sebelum pembangunan, apalagi bay window merupakan sistem struktur kantilever yang harus menjadi satu kesatuan dengan struktur ruang di dalamnya. Kalaupun ingin menambahkan bay window pada bangunan yang sudah ada maka harus berkonsultasi dengan arsitek yang handal sehingga terjamin dari segi kekutan, kemanan serta estetikanya.

Posisi dan lokasi jendela

Perhatikan posisi jendela itu sendiri terhadap ruang. Ingat bahwa posisi jendela sangat dipengaruhi oleh view keluar, garis edar matahari, dan layout perabot dalam ruang. Taruh jendela pada bagian yang terlihat seimbang. Lihat juga pandangan dari dalam rumah dan perhatikan struktur ruang dalam rumah apakah cocok atau tidak.

Bahan material

Gunakan kaca dengan kualitas baik dan kuat sehingga Anda tidak perlu memikirkan menggunakan teralis. Teralis memang berguna untuk keamanan tapi teralis juga akan sangat mengganggu pandangan keluar. Pada malam hari atau untuk privasi, Anda tetap bisa menggunakan hordeng untuk menutupnya.

Share ke media sosial :