Asyiknya Menikmati Perpustakaan Pribadi dengan Tenang dan Nyaman

Bagi orang yang gemar membaca, berburu buku bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan.Setelah membeli buku,tentu Anda ingin memajang buku-buku koleksi yang telah dibaca.Perpustakaan pribadi tentu akan menjadi ide yang menarik.Ruangan ini sekaligus bisa menjadi tempat favorit karena Anda bisa membaca sekaligus bersantai.

Perpustakaan Pribadi

Namun seringkali impian untuk memiliki perpustakaan pribadi akan terkendala oleh ketersediaan ruangan.Pada umumnya perpustakaan pribadi dibayangkan sebagai ruangan yang luas,mampu menampung banyak koleksi buku ,dan memiliki tempat membaca dengan suasana mewah.

Padahal sebenarnya tidak harus selalu demikian,karena menciptaakan perpustakaan pribadi juga bisa dengan nuansa sederhana.Perpustakaan tidak selalu harus dibuat dengan ruangan spesial,tapi bisa juga hanya dengan sekat ataupun dinding rendah.Dengan konsep terbuka,justeru kita tidak akan merasa terkurung di dalam ruangan.

Perhatikan ventilasi udara,penerangan ruangan,dan pengaturan letak rak buku.Penerangan lebih baik sedikit terbuka agar sinar matahari bisa masuk.Selain bisa menghemat listrik,ruangan juga akan lebih sehat.

Usahakan udara di dalam ruangan perpustakaan tidak terasa gerah dengan menjaga kelembaban.Apabila penerangan menggunakan lampu,sebaiknya tempatkan dibelakang saat membaca agar mata tidak menjadi silau dan lelah.

Pasang lampu di lokasi yang membuat ruangan terasa menjadi luas dan nyaman.Ada baiknya lampu yang digunakan adalah lampu neon,bukan lampu pijar untuk menghindari pantulan cahaya pada kertas yang bisa memicu mata lelah.

Penataan rak buku juga bisa diatur menempel pada dinding dengan kerapatan yang cukup.Ini dimaksudkan supaya sirkulasi udara bisa mengalir di celah antara rak dan dinding.

Sirkulasi udara itu bisa mengurangi kemungkinan kelembaban,bau apek dan sarang serangga di buku.Celah tersebut juga akan mempermudah untuk perawatan dan menjaga kebersihan koleksi buku dari debu serta mengurangi udara lembab yang bisa merusak buku.

Memasang pendingin ruangan atau AC memang pilihan yang baik bagi buku agar terjaga kelembabannya.Akan tetapi,jika Anda merasa bahwa hal ini akan membebani tagihan listrik,maka Anda cukup menempatkan beberapa pot bunga atau tanaman hias yang tidak terlalu besar.

Anda bisa menyesuaikan ukurannya dengan komposisi ruangan.Pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan tidak mudah rontok.Fungsi tanaman ini adalah untuk memeberi nuansa alami,menghilangkan kesan kaku dan membantu pertukaran udara di dalam ruangan.

Nah,setelah impian Anda untuk bisa memiliki perpustakaan pribadi benar-benar terwujud,Anda bisa menikmati membaca buku favorit dengan tenang dan nyaman,yang pasti Anda tidak perlu khawatir diusir pulang ketika jam berkunjung berakhir.Selamat membaca.

Tolong Di Share :