Aplikasi Batu Alam untuk Rumah dan Cara Perawatannya

Batu alam bisa diaplikasikan untuk semua jenis rumah.Baik rumah dengan konsep minimalis,modern atau rumah dengan konsep kontemporer.Rumah dengan sentuhan batu alam memiliki kesan kokoh dan natural.Jika Anda termasuk orang yang menyukai suasana rumah nan sejuk dan asri,maka cobalah bermain eksterior menggunakan aplikasi batu alam.

Saat ini aplikasi batu alam sebagai hiasan eksterior sangat populer.Selain bisa menimbulakan kesan kokoh dan kuat,batu alam juga bisa memberikan kesan natural dan asri.

Berikut ini keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi batu alam untuk memperindah dekorasi eksterior rumah Anda.

Aplikasi Batu Alam

1.Batu alam memiliki bentuk dan warna yang beraneka ragam.Kita bisa memilih sesuai selera.Diantaranya adalah batu andesit,batu candi,batu andesit bintik,polos dan bakar rata alam.Sedangkan batu sedimen terdiri dari batu palimanan bobos,batu palem palimanan,batu palimanan cupang merah dan lain sebagainya.

2.Masing-masing memiliki karakteristik bentuk,warna dan kekuatan yang berbeda-beda.Bagi para arsitek,hal ini akan memberikan pilihan yang beraneka ragam untuk mendesain bangunan yang diinginkan dengan kesan dan kenyamanan sesuai selera.

3.Aplikasi Batu alam memberikan kesan sejuk,asri,natural,kokoh dan kuat pada rumah.Selain itu,batu alam juga terkesan tidak kaku dan tidak membosankan.

4.Batu alam mudah dicari.Meskipun harga batu alam relatif lebih mahal dari dinding biasa,namun batu alam mudah ditemukan dimana saja.

Saat ini toko bahan bangunan atau pusat batu alam,banyak menyediakan batu alam dengan kualitas dan harga yang kompetitif.Terlebih,kini para pemilik pabrik batu alam juga melakukan promosi dan penjualan melalui internet sehingga Anda akan semakin mudah memesannya.

Aplikasi Batu Alam untuk Rumah dan Cara Perawatannya 1

Batu alam tidak hanya bisa diaplikasikan pada dinding rumah,tapi juga bisa pada lantai,pagar rumah dan dinding taman.Namun,penggunaan batu alam untuk dinding taman,pagar dan lantai rumah harus dibedakan dengan batu alam yang digunakan untuk dinding luar dan dinding dalam rumah.

Batu alam dengan tekstur kasar biasanya hanya digunakan untuk dinding rumah.Untuk masalah tekstur Anda tidak perlu khawatir.Saat ini beberapa toko bahan bangunan sudah menyediakan beraneka ragam tekstur batu alam.Tekstur-tekstur batu alam yang bisa Anda pilih antara lain garis,kotak  serta motif lainnya yang tidak kalah menarik.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi batu alam di rumah Anda,ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

1.Tentukan ukuran batu alam yang ingin Anda beli.Ukuran yang tersedia yaitu ukuran kecil,sedang atau besar.Hal ini erat kaitannya dengan keindahan dan selara.

2.Pilihlah perekat batu alam yang bagus dan kuat.Biasanya batu alam direkatkan pada dinding menggunakan semen atau mortar.Pilihlah semen atau mortar yang kuat agar batu alam bisa menempel dengan kuat.

3.Rendam batu alam terlebih dahulu sebelum dipasang.Pada dasarnya batu alam memiliki pori-pori yang cukup besar.Bila langsung ditempel,kemungkinan batu alam tersebut tidak akan kuat menempel pada dinding.Merendam batu alam dengan air berfungsi untuk mengecilkan pori-pori batu alam tersebut.

4.Setelah selesai direkatkan,periksalah kembali mortar perekat apakah sudah merekat dengan sempurna atau belum.

Perawatan batu alam juga termasuk mudah.Batu alam tidak memerlukan perhatian khusus.Anda bisa membersihkan dinding batu alam menggunakan sikat dan kain.Untuk hasil yang maksimal ,pada guyuran pertama sebaiknya menggunakan air yang dicampur dengan sabun.

Musuh utama dari batu alam adalah debu dan lumut.Untuk alasan ini,Anda harus rajin membersihkan dan menggosok dinding batu alam tersebut agar selalu bersih dan terlihat kinclong.

Khusus untuk lumut,Anda bisa mengolesi batu alam dengan cairan lapisan khusus atau coating yang sesuai dengan karakter batu alam tersebut.Penggunaan coating bisa dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan hingga satu tahun sekali secara berkala.