Aplikasi Bata Ekspos untuk Menciptakan Kesan Artistik pada Hunian

Sebagian orang mungkin mengira bahwa yang namanya dinding itu harus diplester dan diaci sehingga dikategorikan sebagai dinding yang sempurna, mulus dan terlihat rapi.Faktanya sekarang semakin banyak arsitek yang membiarkan saja dinding bagian dalam yang terbuat dari batu bata ekspos sehingga menciptakan kesan artistik pada hunian.

bata ekspos

Bagi Anda yang menyukai gaya bata ekspos ini tidak perlu ragu untuk mengaplikasikannya.Sebenarnya tren ini sudah lama diaplikasikan di Amerika dan Eropa.Bisanya gaya bata ekspos ini digunakan pada rumah bergaya country atau tradisonal, mulai dari rumah hunian sampai dengan vila di pegunungan.

Namun, tidak semua batu bisa digunakan, mereka yang sudah berhasil membangun rumah dengan bata ekspos umumnya menggunakan bata dengan kualitas baik dan presisi ukuran serta potongannya. Sehingga garis spasi atau pembatas antar bata untuk pemasangannya tidak dibutuhkan lagi.

Yang harus diingat adalah bahwa perekat batanya harus yang berkualitas baik. Ini karena satu-satunya yang menyatukan pasangan bata atau batu tersebut adalah perekat. Untuk bata konvensional dengan tingkat presisi standar maka yang harus diperhatikan adalah bahwa perekat pasangan bata harus dipertebal agar semuanya menyatu dengan baik.

Selain perekat ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aplikasi batu bata ekspos Anda hasilnya baik, yaitu pemilihan ukuran dan pola pemasangannya .Dengan menentukan ukuran batu bata yang akan digunakan, ini berarti Anda telah menentukan keindahan dan keserasian dinding dengan ukuran hunian.

Selain ukuran, pola pemasangan juga harus detel. Jangan sampai pemasangannya asal-asalan atau malah terlalu rapih sehingga akan mengurangi nilai estetika dari finishing dinding nantinya. Untuk menyempurnakannya, Anda bisa menggunakan cat , baik monotone maupun warna-warna.

Share ke media sosial :