10 Nama Toko Bangunan Terbanyak dipakai di Indonesia

Menurut Majalah Kokoh dari Semen Tiga Roda, di Indonesia diperkirakan terdapat sekitar 45.000 toko bangunan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.Jumlah tersebut terus tumbuh mengikuti kebutuhan akan pembangunan yang terus meningkat. Ketika seseorang akan membuka toko bangunan baru atau toko lainnya,maka salah satu yang dipikirkan  adalah nama toko bangunan yang baik bagus.

Ada yang berpendapat bahwa pemberian nama toko yang baik tidak begitu penting. Mungkin mereka berpatokan pada pepatah yang mengatakan “Apalah arti sebuah nama”, sehingga nama tokonya dibuat asal-asalan saja yang penting ada namnya. Namun banyak juga yang menganggap bahwa pemberian nama toko bangunan yang baik,sangat penting karena nama toko tersebut merupakan suatu doa dan harapan bagi pemiliknya.

Nama Toko Bangunan

Berikut ini nama-nama toko bangunan yang paling banyak digunakan di Indonesia :

Nama Toko Jumlah Toko
Sumber Rejeki 400
Barokah 350
Sinar Jaya 280
Sumber Jaya 260
Maju Jaya 200
Sumber Makmur 150
Makmur 145
Jaya Abadi 140
Berkah 135
Abadi 135

Nama “Sumber Rejeki”menduduki peringkat yang pertama sebagai nama toko yang paling banyak digunakan yaitu diperkirakan mencapai 400 toko bangunan.Pemberian nama “Sumber Rejeki” ini cukup masuk akal,karena memang toko bangunan dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi pemilik toko.Nama “Barokah” menduduki peringkat kedua yaitu sekitar 350 toko bangunan,pemberian nama “Barokah” merupakan representasi dari harapan pemilik toko agar usahanya mendapat keberkahan.

Jika diamati,ternyata dari nama-nama toko yang menduduki 10 besar,maka muncul kata-kata yang mengandung makna dan pengharapan yang hampir sama.Kata-kata tersebut yaitu berkah,makmur,maju,jaya dan abadi.Pilihan nama-nama ini mencerminkan kata-kata yang menggambarkan kesuksesan.

Sinar Jaya bisa diartiakan sebagai cahaya kesuksesan, sumber Jaya artnya sumber kesuksesan, maju jaya artinya dapat mencapai kemajuan dan kesuksesan. Lalu, sumber makmur artinya sumber kemakmuran, makmur artinya bisa mencapai kemakmuran atau hidup berkecukupan. Kemudian, jaya abadi bisa diartikan sukses selalu,berkah artinya selalu tumbuh berkembang dan bertambah kebaikannya, abadi artinya tidak ada matinya ( tapi usahanya ya bukan orangnya, kalau orangnya tetap mati tapi usahnya bisa diwariskan ke anak cucunya).

Diyakini atau tidak sepertinya pemberian nama ini juga menjadi salah satu aspek yang menentukan kesuksesan,seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa ucapan adalah doa.Oleh karena itu berilah nama toko kita dengan nama yang baik-baik dan jangan asal-asalan agar usaha kita selalu didoakan dengan yang baik-baik juga.

Harapannya adalah, apabila banyak orang yang menyebut atau mengucapkan nama toko yang kita miliki secara berulang-ulang maka secara tidak langsung mereka sedang mendoakan usaha kita. Amin amin amin ya robbal’alamin.