Informasi Bahan Bangunan

Seni Terapan Semen, Karya Seni yang Fungsional dan Kuat

Bagi masyarakat awam bahan material semen hanya dikenal sebagai bahan bangunan itu sendiri maupun sebegai perekat bahan bangunan lainnya.Namun siapa sangka bahwa dari semen ini juga dapat menghasilkan karya seni yang menawan. Anda penasaran ? Berikut ini ulasannya.

Banyak desainer dunia melihat bahan material semen tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan baku konstruksi saja.Dengan inovasi tanpa batas mereka mencoba meneliti apa yang dapat dilakukan dengan semen yang selama ini dianggap memiliki sifat kotor.Langkah yang dilakukan biasanya adalah segera melapisi semen dengan cat untuk menutupi warna dasarnya yang kurang menarik sehingga menjadi karya seni yang sedap dipandang.

Namun sebenarnya karya seni yang terbuat dari semen itu sudah sangat sering digunakan sejak puluhan tahun yang lalu berupa patung, monumen, dekorasi taman bahkan air mancur.Dengan menggunakan teknik cor, karya seni yang terbuat dari semen lebih mudah dikerjakan.Hanya saja harus dipikirkan ukuran dan bentuk yang secara keseluruhan akan berpengaruh terhadap total berat dari karya tersebut.

Dengan kemajuan teknologi dan penyempurnaan teknik, sekarang bisa tercipta karya terapan berupa kursi dan meja yang bisa digunakan di dalam maupun di luar ruangan.Tak hanya itu, selain fungsional dan kuat, karya terapan tersebut sangat indah dan dapat dibuat sesuai dengan tema dari ruang tersebut.

Salah satu contoh dari karya seni yang terbuat dari material semen adalah "Marylebone Lane Reception Desk".Karya ini didesain oleh Morrow+Lorraine dan konstruksi oleh Lowinfo.Meja resepsionis ini berfungsi sebagai lokal point dan entrance bangunan.Integrasi dari reception controls,penyimpanan,teknologi dan bahan anti panas membuat meja ini menjadi workstation yang nyaman.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design