Informasi Bahan Bangunan

Amankan Masa Depan Dengan Green Products

Dalam kehidupan kita tidak pernah lepas dari berbagai produk.Setiap aspek kehidupan kita mulai dari apa yang kita makan, kita gunakan sampai dengan tempat kita tinggal dan beraktifitas semua merupakan perpaduan dari berbagai macam produk.Namun dari apakah produk-produk itu terbuat,apakah aman untuk digunakan, apakah mengandung racun, apakah bisa didaur ulang dan apakah baik untuk lingkungan ?

Banyak dari kita yang tidak menyadari terbuat dari apa produk-produk yang kita gunakan sehari-hari mulai dari yang kecil sampai dengan rumah dan bangunan tempat kita tinggal dan bekerja.Pada kenyataannya banyak dari masyarakat tidak menyadari bahwa apa yang mereka konsumsi atau yang digunakan sebenarnya memiliki dampak negatif bagi kesehatan maupun lingkungan dalam jangka waktu yang panjang.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat mulai peduli dengan produk-produk yang aman untuk digunakan.Hal ini diikuti dengan masuknya Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) yang turut mendorong para produsen untuk menciptakan Green Product yang aman bagi masyarakat dan juga lingkungan.

Khususnya untuk bangunan,Indonesia sudah memiliki kriteria Green Building yang diatur oleh Green Buliding Council Indonesia ( GBC ).Didirikan pada tahun 2009,lembaga yang merupakan lembaga mandiri ( non goverment) dan nirlaba ( non-profit), yang berkomitmen penuh terhadap pendidikan masyarakat dan mengaplikasikan praktek-praktek terbaik lingkungan dan memfasilitasi transformasi industri bangunan global yang berkelanjutan.

GBC Indonesia yang diketuai Ibu Siti Adiningsih Adiwoso merupakan Emerging Member dari World Green Building Council ( WGBC ) yang berpusat di Toronto Kanada. WGBD saat ini beranggotakan 102 negara dan hanya memiliki satu GBC di setiap negara, dengan kegiatan utamanya adalah memberikan sertifikasi hijau bagi sebuah bangunan.

Pertanyaannya kemudian adalah jika sebuah bangunan sudah didesain sedemikian rupa menjadi bangunan rumah lingkungan, menggunakan teknologi ramah lingkungan dan dibangun dengan proses konstruksi yang ramah lingkungan, apakah produk-produk yang dipakai dalam membangun juga sudah terbukti sebagai produk ramah lingkungan ?

Menjawab pertanyaan tersebut, melalui inisiatif dari beberapa pemerhati bangunan hijau bersama dengan Indocement dan beberapa industri bahan bangunan yang berkomitmen terhadap produk hijau,membentuk sebuah organisasi non-profit yang mengkhususkan dalam memberikan persyaratan produk yang ramah lingkungan dengan kriteria-kriteria tertentu yang kemudian disebut dengan Green Product Council Indonesia ( GPCI ) yang kantornya berlokasi di Jalan Ciputat Raya No.12A Pondok Pinang Jakarta Selatan.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design