Informasi Bahan Bangunan

Meneropong Dunia Konstruksi Tahun 2016

Tahun 2015 lalu dapat dikatakan tahun yang kurang baik bagi dunia konstruksi.Laju pelaksanaan proyek yang sangat menurun baik dari sektor infrastruktur maupun sektor properti membuat para developer, kontraktor, industri bahan bangunan serta pengusaha retail bahan bangunan,semua merasakan dampaknya. Namun jangan khawatir, untuk tahun 2016 ini hal tersebut tidak akan terjadi.

Banyak pengamat mengatakan bahwa pada tahun 2016 ini dunia konstruksi akan meningkat cukup baik.Salah satu faktor utamanya adalah program dan fokus pemerintah untuk meningkatkan belanja modal dan percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah.

Penyerapan anggaran pada pelaksanaan kegiatan konstruksi yang biasanya baru dimulai pada pertengahan tahun sampai akhir tahun, sekarang sudah dapat dilaksanakan pada awal tahun.Ini terjadi karena adanya percepatan persetujuan anggaran infrastruktur  dan belanja negara serta percepatan proses tender.Disamping itu, dapat diprediksi bahwa pada tahun 2016 arus investasi dari negara-negara Asia Pasifik ke Indonesia akan semakin besar sehingga berbagai kegiatan ekonomi akan semakin bergeliat.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apa dampaknya terhadap toko bangunan ? Bukankah proyek-proyek tersebut merupakan proyek raksasa yang disupply oleh perusahaan besar dan bukan toko bangunan ? Secara langsung tentu toko bangunan tidak akan mungkin mensupply proyek-proyek raksasa tersebut.Namun yang perlu diingat adalah bahwa setiap pembangunan infrastruktur pasti berdampak langsung pada sektor riil.

Kegiatan ekonomi akan semakin baik, peluang-peluang ekonomi akan terbentuk, biaya-biaya akan menjadi murah dan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat.Maka pada saat itulah kegiatan konstruksi di lingkungan masyarakat menengah akan terjadi, rumah-rumah akan dibangun , direnovasi, pembangunan tempat usaha akan bermunculan, perumahan -perumahan kelas menengah semakin menjamur, pembangunan sarana dan prasarana umum mulai dilakukan oleh masyarakat.Nah, pada saat itulah toko bangunan akan kebagian 'kue"nya.

Tapi, kapan hal itu akan terjadi ? Segera ! Begitu anggaran belanja infrastruktur mulai mengalir pada kegiatan konstruksi dan investasi dari luar mulai mengalir juga pada sektor yang riil, maka kita akan langsung merasakan dampaknya.Ini berarti, mulai awal tahun ini kita harus bersiap-siap untuk berkompetisi untuk mendapatkan bagian yang besar dalam peluang ini.

Mari kita menyiapkan segala daya dan upaya serta strategi dengan kembali memeriksa kelengkapan stok barang yang kita miliki, bangun terus kedekatan dengan para calon konsumen dan juga dengan para supplier.Yang tidak kalah penting, pastikan untuk selalu menyediakan material dengan kualitas terbaik bagi konsumen.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design