Informasi Bahan Bangunan

Macam-Macam Pintu Lipat

Pintu lipat atau folding door dinamakan pintu lipat karena pintu ini melipat ketika terbuka bukan ayunan seperti pintu biasa. Pintu-pintu ini sangat cocok digunakan pada ruang terbatas atau ketika kita memerlukan ruangan tepat di samping pintu. Banyak jenis pintu lipat dan ada juga beberapa pintu lipat yang disebut pintu akordeon.

Salah satu jenis pintu-pintu ini yang sering ditemukan di rumah adalah bi-fold door. Pintu ini dapat dipasang ketika ruang terlalu kecil untuk pintu biasa.Oleh karena itu, tipe pintu ini juga dapat digunakan pada lemari, ruang cuci dan pantries. Jenis pintu ini juga dapat digunakan untuk memisahkan antara dua ruangan di rumah.

Bi-fold door adalah dua pintu sempit yang terikat oleh engsel di tengah. Pintu-pintu ini dipasang sepanjang trek sehingga pintu dapat bergeser dan terbuka. Ketika dibuka, dua pintu lipat bergerak sepanjang engsel dan bergeser ke satu sisi. Bi-fold door juga dapat digunakan berpasangan. Dua pintu berlipat disatukan dalam satu trek dan ketika dibuka, masing-masing pintu akan terbuka dan melipat ke sisi trek.

Pintu lipat multi juga disebut pintu akordeon. Seperti halnya pintu bi-fold door, pintu akordeon juga melipat ke satu sisi. Namun, pintu akordeon memiliki beberapa panel yang melipat bersama-sama seperti akordeon. Desain yang unik  membuat pintu ini mampu bergerak pada ruang yang lebih sempit daripada pintu bi-fold door, tapi ini juga berarti bahwa pintu tersebut harus dibuat dari bahan-bahan yang tipis dan simpel. Pintu akordeon dapat dipasang pada trek atau digulung.

Beberapa pintu ada yang disebut pintu akustik yang digunakan untuk meredam kebisingan. Jenis pintu ini digunakan dalam gereja-gereja dan bangunan perkantoran atau dimana saja peredaman suara diperlukan terutama ketika ada acara pidato atau presentasi. Meskipun pintu ini menyediakan beberapa peredam suara, pintu-pintu akustik ini terbuat dari bahan tipis sehingga tidak dapat memberikan kedap suara secara total.

Pintu lipat juga dapat digunakan sebagai pintu eksterior dan dapat dibuat dengan kaca. Beberapa pintu-pintu ini meniru pintu perancis tetapi lebih menghemat ruang karena mampu melipat. Saat ini produsen pintu lipat memproduksi dan  menyediakan pintu dengan cara-cara baru dan unik untuk memasarkan produknya. Salah satu produk tersebut adalah sebuah pintu lipat rak buku. Pintu tersebut terlihat seperti sebuah rak buku pada biasa tetapi dapat melipat ketika dibuka.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design