Informasi Bahan Bangunan

Cara Memilih Lokasi yang Tepat bagi Usaha Anda

Salah satu kesalahan dalam memulai usaha ritel adalah pemilihan lokasi yang kurang sesuai dengan target pasar yang diinginkan.Kesalahan ini sangat sulit untuk diperbaiki,baik itu statusnya hanya sewa maupun hak milik.Untuk memperbaiki kesalahan seperti ini membutuhkan biaya relokasi yang sangat tinggi,oleh sebab pemilihan lokasi yang tepat menjadi hal yang sangat penting sebelum memulai usaha Anda.

Perlu diperhatikan bahwa pada saat memulai usaha retail,pemilihan lokasi yang tepat dan strategis serta sesuai dengan target pasar yang akan Anda bidik sangatlah penting.Beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan yaitu :

1.Sesuaikan dengan target pasar

Sesuaikan konsumen seperti apa yang ingin Anda layani.Jika Anda hendak membuka usaha toko bangunan,maka usaha ini akan memiliki target pasar yang lebih luas,karena baik kalangan bawah,menengah maupun atas,tentunya akan membutuhkan bahan bangunan.Lain halnya dengan jenis usaha lainnya,misalnya mini market yang akan laku keras di daerah yang padat penduduk.

2.Kemudahan akses

Pastikan bahwa konsumen tidak kesulitan dalam mencapai lokasi usaha Anda.Perhatikan juga lingkungan sekitarnya,apa saja yang bismenunjang usaha Anda seperti perumahan warga,jalan raya,termasuk parkir bagi pelanggan dan juga mobil-mobil pengangkut barang.

3.Kepadatan penduduk

Seberapa besar populasi penduduk yang ada di area usaha Anda.Apakah jumlah populasi tersebut cukup menunjang bagi perkembangan usaha ritel Anda.

4.Keamanan lingkungan usaha

Perhatikan keamanan sekitar tempat usaha Anda.Apakah ada petugas pengamanan yang terintegrasi atau Anda sendiri yang harus menyiapkan tenaga pengamanan penunjang.Hal ini penting untuk kenyamanan Anda maupun para pelanggan Anda.

5.Usaha penunjang

Usaha penunjang merupakan tempat atau fasilitas yang secara tidak langsung bisa menjadi pendukung usaha Anda seperti restoran,toko-toko lain,mesin ATM dan sebagainya.Semakin banyak usaha lain di sekitar Anda,maka akan mempengaruhi psikologis pelanggan.Pelanggan baru akan tertarik untuk berkunjung dan pelanggan lama akan tertarik untuk berkunjung kembali.

6.Tingkat persaingan

Perhatikan apakah ada jenis usaha yang sama dengan usaha Anda.Jika ternyata ada,maka persiapkan diri untuk bersaing.Cermati lokasi pesaing dan pelajari cara menyikapinya.

7.Kemudahan perijinan

Suka atau tidak suka dan setuju tidak setuju,perijinan di Indonesia merupakan hal yang cukup membuat pening kepala para pelaku usaha.Mulai dari Izin Lingkungan ( Tetangga),Izin Domisili,IMB Usaha,SIUP,TDP,Izin Gangguan/HO,IUTM (Izin Usaha Toko Modern),serta izin-izin lain yang berlaku di kota dan daerah tertentu misalnya izin rekomendasi Bupati/Walikota.

8.Informasi penunjang yang dianggap perlu

Sebelum memulai usaha ritel,sebaiknya Anda mengumpulkan informasi-informasi penting sebanyak-banyaknya agar lebih yakin dalam mengambil keputusan.

Setelah mempertimbangkan hal-hal yang telah diulas diatas,Anda bisa mulai memilih lokasi yang strategis dan paling tepat bagi usaha yang akan Anda kembangkan.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design