Informasi Bahan Bangunan

Mengenal Tape Biru dan Kegunaannya

Tape biru atau pita biru adalah jenis tape tertentu yang biasanya digunakan untuk memudahkan proses pengecatan agar hasil pengecatan menjadi lebih rapi .Tape biru adalah sejenis pita perekat yang dirancang untuk melindungi permukaan selama pengecatan karena tape biru bisa dilepas dengan bersih tanpa merusak permukaan dan tanpa meninggalkan bekas perekat sedikitpun.

Tape biru bisa digunakan untuk melindungi dinding tembok, lis, kayu, logam, dan kaca selama proses pengecatan atau pada aplikasi politur dan pernis. Tape biru sangat baik digunakan pada permukaan semi halus, tetapi tidak cocok digunakan pada permukaan kasar seperti batu bata, beton, atau batu.

Tape biasa akan sulit untuk diaplikasikan dan bahkan lebih sulit untuk dilepas dari dinding karena konsentrasi dari perekat yang lebih tinggi. Sedangkan lapisan fleksibel pada tape biru membuatnya lentur dan mudah untuk diseesuaikan dengan bentuk atau sudut yang sulit dijangkau. Pita biru biasanya tersedia denganukuran lebar mulai dari 3/4 inci sampai 2 inci.

Tape biru ini tidak terpengaruh oleh sinar UV atau sinar matahari langsung. Tape jenis ini juga tidak akan menjadi lengket karena terkena sinar matahari.Pita ini bisa berkinerja baik dalam suhu di atas 10 derajat Celcius dan lebih dari 38 derajat Celcius dan bisa dibiarkan pada permukaan hingga 14 hari hampir tanpa risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Untuk penggunaan pada permukaan yang halus tersedia berbagai pita biru khusus. Tape ini bisa digunakan pada permukaan yang baru saja dicat setidaknya 24 jam setelah pengecatan,dan bisa juga digunakan pada lantai kayu, drywall, wallpaper berlapis vinil, dan permukaan lainnya yang lebih rapuh. Dengan tingkat kekakuan yang lebih rendah daripada pita biru standar, tape biru khusus yang digunakan untuk permukaan halus bisa dibiarkan hingga 60 hari tanpa risiko kerusakan permukaan atau residu perekat.

Memotong pita biru untuk menutupi permukaan sudut bisa memakan waktu, dan membuat banyak potongan-potongan pita terbuang sia-sia. Sebagai alternatif untuk memotong tape menjadi potongan-potongan kecil,produsen juga menyediakan potongan-potongan pita khusus untuk sudut.Potongan-potongan pita khusus ini juga sangat baik untuk menutupi bagian-bagian yang tidak boleh terkena cat seperti kunci atau tarikan pintu.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design