Informasi Bahan Bangunan

Mengenal Silikon Tape dan Kegunaannya

Silikon tape atau pita silikon adalah suatu produk yang luar biasa yang diciptakan dari teknik kimia dan telah menghasilkan sebuah pita pelindung yang awet dan sangat tahan lama. Silikon tape  terbuat dari karet silikon dan biasanya mengandung gel silikon tipis yang membentuk ikatan permanen pada saat diaplikasikan ke sebuah obyek. Pita ini akan membentuk ikatan pada saat direkatkan dan menutupi sekitar objek dan akan menyatu dengan obyek dalam beberapa menit atau beberapa jam.

Fitur lain dari pita silikon adalah dengan ditambahkannya bahan polydimethylsiloxane yang mengandung seng oksida ke dalam gel. Bahan ini memiliki fungsi sebagai UV inhibitor,yaitu agar tape tahan terhadap radiasi ultraviolet dari sinar matahari, yang biasanya bisa menimbulkan degradasi pada tape biasa.Pita ini juga tahan terhadap faktor lingkungan lainnya, misalnya efek ozon. Disamping itu, silikon tape dirancang agar tahan terhadap kelembaban,tahan terhadap kontak dengan pelarut, bahan bakar, asam, dan bahkan percikan dari solder.

Tape ini tetap fleksibel pada suhu yang sangat dingin. Beberapa jenis pita silikon juga tahan terhadap panas dan api. Hal ini dicapai dengan merumuskan komposisi pita agar bisa menyalurkan dan menyebarkan panas secara merata, namun tetap tidak menimbulkan kebakaran. Hal ini menjadi sangat penting ketika menggunakan pita silikon dalam kondisi panas yang berlebihan atau berada sangat dekat dengan api.

Ada banyak aplikasi yang menggunakan pita ini. Misalnya, adaptasi dari pita silikon yang digunakan di bidang biomedis dan farmasi untuk melakukan berbagai fungsi. Dalam bidang klinis, pita ini digunakan untuk merekatkan peralatan medis ke tubuh pasien, seperti kateter dan perangkat prostetik. Selain itu, sejak pita ini tidak terpengaruh oleh kelembaban dan bisa merekatkan berbagai permukaan yang berbeda, maka tape ini bisa digunakan lagi meskipun sebelumnya sudah pernah digunakan. Bahkan kadang-kadang bisa pita ini bisa dibersihkan dan digunakan kembali setelah beberapa kali digunakan.

Pita silikon juga banyak digunakan dalam industri penerbangan dan militer, serta pada tali-temali kapal. Ini sangat berguna sebagai pita listrik untuk membungkus kabel serta akan melindungi dan menutup semua jenis sambungan listrik. Pita ini juga sangat ideal untuk melakukan perbaikan darurat misalnya untuk menghentikan kebocoran pipa, perbaikan radiator mobil, seal o-ring, atau bahkan berfungsi sebagai sabuk kipas sementara.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design