Informasi Bahan Bangunan

Mengenal Kapur Barus dan Penggunaannya

Kapur barus adalah sejenis bahan pengusir ngengat yang terbuat dari bahan kimia dan biasanya berbentuk seperti bola-bola kecil. Bahan ini biasanya digunakan untuk mencegah ngengat menggerogoti pakaian dan barang-barang lain yang disimpanan,sehingga barang-barang  tersebut selalu dalam keadaan baik pada saat akan digunakan. Jika Anda sedang memerlukan kapur barus,bahan ini bisa Anda temukan atau bisa dibeli di beberapa super market dan toko peralatan rumah tangga.Kapur barus harus selalu disimpan dalam tempat tertutup, karena bahan ini bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

Secara historis kapur barus terbuat dari kamper, tetapi kapur barus modern dibuat dari naftalena atau paradichlorobenzene. Bahan kimia ini memancarkan bau sangat khas dan kuat karena proses perubahan dari benda yang padat menjadi gas. Gas yang dikeluakan inilah yang akan membunuh ngengat dan larva,sehingga barang-barang  yang disimpan akan selalu tetap aman.. Penelitian pada kapur barus menyatakan bahwa  bahan kimia ini mungkin bisa menyebabkan kanker, sehingga sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika menggunakannya.

Ketika menggunakan kapur barus, bahan kimia ini harus disimpan pada tempat tertutup, karena gas akan terbentuk. Hal ni juga lebih aman bagi manusia dan hewan yang ada di rumah, karena mereka tidak akan terkena gas tersebut. Ketika seseorang ingin menggunakan barang yang telah terkena kapur barus di dalam ruang penyimpanan, barang tersebut harus dianginkan selama sehari atau lebih sebelum dipakai atau digunakan, agar gas segera menghilang. Hal ini juga akan membantu meredam bau tajam yang dikeluarkan oleh kapur barus.

Untuk alternatif kapur barus, Anda bisa menggunakan cedar atau kayu pohon cemara. Balok, bola dan serutan kayu cedar bisa digunakan dalam berbagai cara yang sama seperti pada penggunaan kapur barus, tapi dengan satu kelebihan bahwa cedar tidak berbahaya. Seperti pada kapur barus,penggunaan cedar akan lebih efektif dalam tempat tertutup, tetapi barang-barang yang telah terkena cedar tidak perlu dianginkan sebelum digunakan, dan tentunya Anda bisa menikmati aroma khas cedar pada pakaian, selimut, dan barang-barang lainnya karena aroma cedar tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

Blog Archive

Total Pageviews

Copyright © Sarana Bangunan. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design